Lomba Sekolah Sehat Berbasis Stratifikasi Tingkat Provinsi Kalsel Dilaksanakan Oleh Dinkes Kotabaru

Daerah234 views

KOTABARU,kabarOne.com- Pemerintah Daerah Kabupaten Kotabaru melalui Dinas Kesehatan melaksanakan lomba sekolah sehat berbasis stratifikasi tingkat provinsi Kalimantan Selatan.

Dalam kegiatan ini di datangkan langsung tim penilai atau dewan juri verifikasi lapangan dari Provinsi Kalimantan Selatan bersama rombongan yang berlangsung di Sekolah Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Kotabaru, Sabtu 29/10/2022.

Asisten Bidang Pemerintah dan Kesejahteraan Minggu Basuki menyambut baik kedatangan tim dewan juri verifikasi lapangan dari Provinsi Kalimantan Selatan dan mengatakan dalam rangka mewujudkan sumber daya manusia yang berkualitas, kesehatan anak usia sekolah menjadi salah satu sasaran upaya peningkatan kesehatan masyarakat.

Program UKS yang terdiri dari pendidikan kesehatan, pelayanan kesehatan serta pembinaan lingkungan sekolah sehat yang di kenal dengan TRIAS UKS diarahkan untuk membentuk perilaku anak hidup bersih dan sehat.

Tujuan umum UKS adalah untuk meningkatkan mutu pendidikan dan prestasi belajar peserta didik dengan meningkatkan perilaku hidup sehat serta derajat kesehatan peserta didik dan menciptakan lingkungan yang sehat sehingga memungkinkan pertumbuhan dan perkembangan yang harmonis dan optimal dalam rangka pembentukan manusia indonesia seutuhnya.

Tujuan khususnya adalah memupuk derajat kesehatan peserta didik yang didalamnya mencakup memiliki pengetahuan sikap keterampilan untuk melaksanakan prinsip hidup sehat, sehat baik dalam fisik arti fisik, mental maupun sosial dan memiliki daya hayat dan daya tangkal terhadap pengaruh buruk narkoba, obat-obatan dan bahan berbahaya, minuman keras, rokok dan sebagaimana sasaran program kegiatan UKS adalah peserta didik dari tingkat pendidikan dasar sampai dengan tingkat pendidikan menengah (TK, SD, SMP/ Sederajat dan SMA/Sederajat), jelas Minggu Basuki.

Sementara Tim Penilai atau Juri Badul Bastih mengatakan, setelah apa yang kami dengar dan lihat kemaren saat tim pembina UKS UKM Kabupaten Kotabaru menyampaikan profilnya pada saat zoom meating kemarin, pada saat ini kami akan melihat sejauh mana nanti sudah di sampaikan kepada tim juri tentang profil Madrasah Aliyah Negeri kotabaru dan TK yang mana langsung di bawah pimpinan ketua persit chandra kirana kotabaru.

Mudah-mudahan apa yang disampaikan kemaren ini lebih dari apa yang kami lihat, lebih apa yang kami dengar, kerena dari video kemaren ada efek yang bagusnya pada saat menyampaikan profil ke 4.

Diberitahukan juga mulai tahun ini tidak ada lagi juara 1,2,3 dan seterusnya untuk madrasah dan sekolah sehat, tetapi kita menuju berbasis stratifikasi.

Stratifikasinya dari dasar, standar, optimal dan paripurna yang kita tuju adalah ke paripurna, kalau sudah sekolah atau madrasah itu berstratifikasi paripurna insya allah nanti akan di beri penghargaan oleh tim pembina UKS UKM ditingkat pusat, terangnya.

Hadir dalam kegiatan ini Asisten bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan, Kepala SKPD terkait, Ketua Persit Chandra Kirana Kotabaru, anggota PKK dan dewan juri verifikasi lapangan dari Provinsi Kalsel beserta rombongan.(HRB)

By; Diskominfo/ Herpani

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *