Lestarikan Budaya Leluhur, Bupati Kotabaru Hadiri Aruh Adat Pemujaan Goa Tamuluang

Daerah269 views

KOTABARU,kabarOne.com- Masyarakat Desa Bangkalan Dayak Kecamatan Kelumpang Hulu Kabupaten Kotabaru mengadakan acara aruh adat pemujaan Goa Tamuluang sebagai bentuk rasa syukur masyarakat setempat atas hasil panen sarang burung walet, yang mana agenda tersebut merupakan agenda tahunan

Acara aruh adat pemujaan Goa Tamuluang ini dirayakan dengan beragam oleh warga setempat selama dua hari dengan pemotongan ayam, empat hari dengan pemotongan kambing, dan enam hari pemotongan kerbau.

Acara aruh adat pemujaan Goa Tamuluang tahun ini dihadiri Bupati Kotabaru H Sayed Jafar didampingi Ketua PKK Kotabaru Hj Fatma Idiana, dan Kepala SKPD, sekaligus melakukan pemotongan kerbau di halaman balai adat Bangkalan Dayak dan memberikan bantuan sebanyak Rp 20 juta rupiah untuk Balai Adat.

Bupati Kotabaru H Sayed Jafar menyampaikan, Pemerintah Daerah sangat mendukung dengan adanya acara aruh adat pemujaan Goa Tamuluang di Desa Bangkalan Dayak ini karena masyarakat setempat serius melestarikan adat istiadat peninggalan leluhur yang merupakan kekayaan budaya kita yang tidak dimiliki oleh daerah lain.

Kata Bupati, aruh adat pemujaan Goa Tamuluang juga sebagai daya tarik pariwisata Kotabaru khususnya di Desa Bangkalan Dayak, sehingga bisa menambah jumlah wisatawan datang ke Kotabaru dan kedepannya harus dibenahi serta dikemas agar lebih menarik lagi.

Bukan hanya pelestarian adat budaya saja namun juga sebagai daya tarik pariwisata khususnya di Desa Bangkalan Dayak ini, ujar Bupati, Minggu 8/1/2023.

Bupati pun berharap, partisipasi dan dukungan seluruh lapisan masyarakat khususnya warga dayak dalam melestarikan adat istiadat budaya yang telah diwariskan kepada kita.

Atas nama Pemerintah Daerah, Bupati Kotabaru H Sayed Jafar mengucapkan terimakasih kepada lembaga adat Bangkalan Dayak yang sudah melestarikan kebudayaan dan adat istiadat masyarakat dayak sehingga dapat terus eksis.

Bupati juga mengajak, agar bersama sama Pemkab Kotabaru mendukung pembangunan daerah khususnya pemberdayaan, pelestarian, dan pengembangan adat dayak di Kotabaru.(HRB)

By; Diskominfo/Herpani

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *