Lurah Condongcatur Sleman Ikut Paralegal Justice Award (PJA) 2023

Daerah147 views

SLEMAN, kabarOne.com – Lurah Condongcatur, Reno Candra Sangaji, SIP, MIP, salah satu orang yang ikut seleksi ketat bersama 300 Kades/Lurah di tingkat nasional dalam Paralegal Justice Award (PJA) 2023 yang melibatkan masyarakat luas untuk ikut menilai. “Mari kita bersama mengenalkan Condongcatur ke level nasional,” ungkap Reno, Senin (29/5/2023).

Gegap gempita jelang penganugerahan Paralegal Justice Award (PJA) 2023 terus berlanjut setelah Badan Pembinaan Hukum Nasional (BPHN) mengumumkan 300 peserta yang lolos seleksi pada 15 Mei 2023.

Kini BPHN membuka kesempatan bagi masyarakat untuk mendukung kepala desa/lurah idolanya. Sepuluh kades/lurah yang mendapatkan dukungan terbanyak dari masyarakat akan mendapatkan apresiasi dalam kategori Favorit Publik Paralegal Justice Award 2023.

“Selama ini yang merasakan langsung dampak kinerja dan pengabdian kepala desa atau lurah adalah masyarakat,” ungkap Reno.

Bagi Reno, masyarakat perlu dilibatkan pula dalam kegiatan Paralegal Justice Award 2023 ini. “Masyarakat dapat memilih kepada kepala desa atau lurah favorit, yang menurutnya telah memberikan kontribusi signifikan dalam pelayanan hukum kepada publik di tingkat desa dan kelurahan,” katanya.

Hal tersebut sesuai dengan apa yang disampaikan Kepala BPHN, Widodo Ekatjahjana, belum lama ini. “Masyarakat dapat memilih langsung kades atau lurah favorit mereka,” kata Widodo, yang menerangkan periode pemilihan dimulai pada tanggal 26 Mei 2023 dan berakhir pada tanggal 1 Juni 2023 pukul 19.00 WIB.

Apresiasi yang diberikan kepada Kepala Desa/Lurah yang berperan dalam mendamaikan berbagai persoalan hukum warganya dengan cara memediasi, menegosiasi serta melakukan kegiatan penyuluhan hukum, konsultasi hukum dan membuat kantor desa/kelurahan sebagai pusat informasi, balai musyawarah dalam menyelesaikan persoalan-persoalan hukum warganya.

Pengumuman sepuluh kades/lurah favorit publik akan dilakukan bersamaan dengan penganugerahan Non Litigation Peacemaker dan Anubhawa Sasana Desa pada malam puncak Paralegal Justice Award pada 1 Juni 2023.

Dari total 300 peserta nantinya akan tersaring sepuluh (Top 10) peserta terbaik Paralegal Justice Award (PJA) yang sebelumnya akan melewati seleksi khusus yang dilakukan oleh Penilaian Dewan Pakar.

Dari sepuluh orang tersebut akan terpilih tiga kandidat terbaik. Tak hanya itu. Di malam puncak Paralegal Justice Award 2023 juga akan diberikan penganugerahan Duta Hukum Indonesia.

Kepala Badan Pembinaan Hukum Nasional Kementerian Hukum
dan Hak Asasi Manusia, Prof Dr Widodo Ekatjahjana, SH, M.Hum, menyinggung pula hasil kelulusan seleksi audisi Pewerta Paralegal Justice Award 2023.

Sebelumnya mengikuti Diklat Pembinaan Ideologi Pancasila Melalui Paralegal Academy & Paralegal Justice Award pada 29 Mei 2023 sampai 2 Juni 2023 di Discovery Hotel Ancol, Taman Impian Jaya Ancol Jl Lodan Timur No 7, Pademangan, Jakarta Utara.

Kepala Desa/Lurah yang lulus seleksi serta telah melakukan registrasi ulang mengikuti rangkaian kegiatan Paralegal Justice Award pada 29 Mei 2023 hingga 2 Juni 2023.

Seleksi eliminasi peserta sebagai Nonlitigation Peacemaker dan Anubhawa Sasana Desa/Kelurahan Jagadhita dilaksanakan tanggal 31 Mei 2023.

Selain itu peserta melaksanakan upacara Hari Lahir Pancasila pada tanggal 1 Juni 2023 pukul
08.00 WIB bertempat di Monumen Nasional Jakarta. (Fan)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *