Sinergi Kelompok Tani Dan Arutmin Untuk Tingkatkan Hasil Panen, Poktan Binaan Panen Bersama

Daerah92 views

KOTABARU,kabarOne.com- PT Arutmin Indonesia Tambang Senakin berpartisipasi aktif dalam rangka peningkatan ekonomi masyarakat melalui pengelolaan sumber daya alam berupa bantuan terhadap Kelompok Tani.

Melalui peningkatkan hasil panen yang ditargetkan secara tidak langsung dapat meningkatkan pendapatan para Kelompok Tani (Poktan) padi sawah melalui pelaksanaan program Pengembangan dan Pemberdayaan Masyarakat (PPM) PT Arutmin Indonesia.

Salah satu Poktan binaan PT Arutmin Indonesia, yaitu Poktan Maju Barata Desa Tanjung Selayar Kecamatan Kelumpang Tengah Kabupaten Kotabaru dengan jumlah anggota 30 petani melakukan panen serentak bersama manajemen PT Arutmin Indonesia, Selasa, 15/8/2023.

Poktan Maju Barata ini selain menggunakan dana sendiri juga mendapatkan bantuan berupa Pupuk dan Pestisida untuk memastikan terpenuhinya unsur hara tanaman serta terlindunginya tanaman dari serangan hama dan penanggulangan gulma, sehingga tanaman padi yang dibudidayakan dapat tumbuh produktif.

Ketua Poktan Maju Barata Desa Tanjung Selayar Noorbanie Yusuf mengucapkan terimakasih kepada PT Arutmin Indonesia yang telah membantu dan membina para petani yang ada di Desa Tanjung Selayar sehingga tercapainya panen serentak sesuai dengan jadwal yang kami rencanakan.

Ia mengatakan, total luasan sawah kelompok Maju Barata sebanyak 15 hektar dan jenis padi yang ditanam yaitu padi Mutiara lokal dan Mayang lokal, serta Arjuna yang didukung dengan pemberian pupuk urea dan NPK sesuai anjuran yang menghasilkan kurang lebih 27.000 Kg gabah kering.

“Jadi dari hasil panen ini dipergunakan untuk keperluan pangan keluarga dan sisanya dijual untuk membantu perekonomian keluarga”, ucap Banie sapaan akrabnya.

Di tempat yang sama, Kepala Desa Tanjung Selayar Akhmad Rahim menyampaikan sangat mendukung dan memberikan apresiasi serta terimakasih kepada PT Arutmin Indonesia Tambang Senakin, karena telah memperhatikan petani warga Desa Tanjung Selayar, seiring petani di Desanya bisa mendapatkan bantuan dan pembinaan.

“Dengan adanya pendampingan dari PT Arutmin Indonesia petani kami dapat motivasi dan kreativitas dalam mengelola pertanian, sehingga dapat menghasilkan padi yang maksimal dan dapat memperoleh peningkatan perekonomian serta pendapatan keluarga”, ungkapnya.

CD Supervisor PT Arutmin Indonesia Tambang Senakin Noor Firdaus menjelaskan,  panen serentak padi sawah ini merupakan hasil dari fokusnya para petani ditunjang dengan kerja keras untuk selalu berpikir positif, dalam mengelola potensi lahan yang ada menjadi lahan yang lebih produktif dan bermanfaat.

“Sinergi antara Kelompok Tani, perusahaan serta Desa yang berjalan dengan baik serta maju diharapkan akan meningkatkan kualitas hidup warga di lingkar tambang, teruslah ikhtiar, padi yang dipanen hari ini, tidak ditanam kemarin sore, artinya semua membutuhkan proses”, harapnya.

“PT Arutmin Indonesia berkomitmen untuk terus menjalankan program-program berkesinambungan yang memberikan manfaat dan mensejahterakan masyarakat di sekitar wilayah operasi perusahaan,” pungkasnya.(HRB)

Penulis; Herpani

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *