Baru Selesai, Proyek Rehab SDN 33 Mendo Barat Catnya Mulai Rontok, Plapon Amburadul

Investigasi256 views

Bangka, Kabar One.Com-Paket pengerjaan proyek rehab Sekolah Dasar Negeri (SDN) 33 Mendo Barat yang berlokasi di Desa Air Pelempang, Kecamatan Mendo Barat Kabupaten Bangka belum lama selesai, yaitu baru beberapa bulan.

Hal ini sebagaimana dikatakan oleh salah seorang warga setempat, yaitu Sugi. “Belum lama, sepengetahuan saya baru beberapa bulan ini pekerjaan tersebut selesai. “Katanya.

Tetapi rehab ini dapat dikatakan mengabaikan kualitas, pemborong proyek terlihat asal-asalan dalam menyelesaikan tahapan pekerjaan.

Sebagaimana pantauan dilokasi, ditemukan sejumlah hasil pekerjaan yang mengindikasikan hal tersebut. Seperti cat dinding yang sudah mulai terkelupas rontok.

Jika ditelusuri, tampak dalam proses pengecatan, cat yang lama dan terlihat kotor tidak dibersihkan terlebih dahulu. Hal inilah yang diperkirakan membuat lapisan cat yang baru banyak yang mulai terkelupas rontok karena kurang merekat.

Padahal baru terhitung beberapa bulan selesai, sebagaimana dikatakan warga tadi. Menjadi pertanyaan, bagaimana jika sudah lebih setahun, tentu masyarakat awampun sudah dapat menebak.

Demikian pula untuk pekerjaan plapon, banyak ditemukan rongga atau lobang, dimana pasangan plapon ada yang kurang rapat, bahkan beberapa tidak rapat ke dinding beton, menyisakan lobang cukup lebar.

Yang parah dari pasangan plapon ini, ada bagian plapon yang menggembung, padahal seharusnya lurus atau rata.

Terhadap persoalan tersebut, pihak media kemudian menghubungi Kasi Sarana dan Prasarana Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Bangka Himawan, yang juga merangkap PPTK proyek ini, pada Sabtu (13/1/2024).

Himawan menyebutkan pekerjaan ini masih masa pemeliharaan dan akan diperbaiki.

“Segera diperbaiki, karena masih dalam masa pemeliharaan. Terima kasih infonya. “Ujar Himawan singkat melalui pesan WA.

Temuan lapangan dari proyek rehab bangunan ruangan kelas SDN 33 Air Pelempang ini, hampir sama persoalannya dengan temuan rehab pada SDN 14 Mendo Barat, di Desa Mendo yang juga catnya sudah terkelupas, sebagaimana diberitakan oleh media ini sebelumnya.

Hal ini tidak mengherankan, karena proyek rehab ini masih satu paket yang dipecah menjadi 3 pekerjaan rehab bangunan ruang kelas untuk 3 sekolah dasar berbeda. Nilai keseluruhan paket proyek adalah Rp 594 juta, sementara nilai untuk paket rehab di SDN 33 Air Pelempang RP 198 juta.

Dengan pelaksana pekerjaan dari CV Bangun Cipta Konstruksi. Sumber dana dari APBD Kabupaten Bangka tahun anggaran 2023, untuk rehab 2 bangunan sekolah dasar di Kecamatan Mendo Barat dan satu lagi bangunan sekolah dasar di Kecamatan Merawang. (Hardi)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *