by

IMM OKU Timur Kolaborasi Gerakan Ekonomi UMKM Dorong Kemajuan Daerah

-Nasional-83 views


OKU Timur Sumsel ,Kabar One.cpm– Pimpinan Cabang Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah OKU Timur (PC IMM OKU Timur) mengadakan Seminar Digital Marketing dan Launching Badan Usaha Milik Ikatan (BUMI) dengan brand produk Go Maroon dan Kompi Merah Store.

Kegiatan Seminar Diigital Marketing IMM mengusung tema, “Berani Berwirausaha, Tingkatkan Omset Bisnis dengan Strategi Marketing di Sosial Media” tersebut digelar di Aula SMA Negeri 1 Belitang, Kecamatan Belitang, OKU Timur Sabtu (20/01/2024).

Kegiatan tersebut menghadirkan Keynote Speaker Hj. Meilinda, S.sos, M.M selaku Direk.ICSB/Ketua UMKM Area OKU Timur, dan juga turut menghadirkan narasumber asal Yogyakarta, Guruh Yoga Waspada, S.E selaku Entreprenuer, Chief Operation Officer PT. Ide Jualan Creative, CO-Founder & Direktur Paket Integrasi.

Ketua Pimpinan Daerah Muhammadiyah OKU Timur, H. Prioyitno, S.Pd., M.M melalui H. Nuryadi, S.Pd., M.M selaku Majelis Pendidikan dan Dikdasmen PDM OKU Timur mengatakan apresiasi kepada PC IMM OKU Timur telah menyelenggarakan kegiatan yang positif seminar digital marketing sebagai trobosan yang luar biasa, dengan kolaborasi semoga terselenggara dengan sukses dan menuai manfaat bagi yang hadir dalam kegiatan ini.

Dalam Q.S Anisa ayat 29 menerangkan janganlah kamu memakan harta saudaramu kecuali dengan perniagaan atau perdagangan atau jual beli atas dasar suka sama suka. Maka, spirit dan semangat ayat ini memberikan motivasi kepada kita, para pemuda harus berani berwirausaha untuk berusaha dalam mencari rejeki yang halal.

Diawal tadi Mas Hafiz memperkenalkan produk OKU Timur, yang awalnya dari produk limbah, diolah menjadi pupuk organic cair yang sangat bermanfaat untuk tanaman, prduk tersebut bernama BioEnos.

Dengan adanya Lazismu salah satunya Muhammadiyah hadir di tengah-tengah masyarakat menghadirkan solusi, sebagai lembaga amal, zakat, infak, shodaqoh. Muhammadiyah juga memiliki produk terbaru namanya Mie Mu, itu mie punya Muhammadiyah insya Allah halal, harga murah terjangkau, sedap, sehat, alami tanpa bahan pengawet, dan dapat dinikmati pada musim dingin, panas rasanya sedap.

Perlu saya sampaikan salah satu Mahasiswa Muhammadiyah OKU Timur yang belajar di University of Taiwan kuliah sambil bekerja, dengan omset kurang lebih 20 juta. Mahasiswa prodi seni pertunjukan menyanyikan lagu komering diiringi dengan gitar. Jadi, jadilah pemuda, dan mahasiswa yang terus berusaha, kerja keras, dan cerdas, untuk menjadi sukses.

“PC IMM OKU Timur melaksanakan gerakan yang luar biasa pasca pelantikan tanggal 29 Desember 2023 lalu. Dihadiri pelajar, mahasiswa, pemuda, dan pratiksi UMKM pada seminar ini, saya harapkan berjalan dengan sukses dan memberikan ilmu dan manfaat. Generasi milenial itu generasi kebanggaan harus kreatif, adaptif dan produktif, dan harus terus berusaha maka, ikuti seminar digital marketing ini dengan baik agar dapat ilmu yang bermanfaat,” terang Nuryadi.

Ketua Umum PC IMM OKU Timur, M. Vicky Bagas Saputra mengatakan kegiatan Seminar Digital Marketing bertujuan mengikuti perkembangan zaman sebab semuanya sudah serba digital atau by handphone. Seminar Digital Marketing juga merupakan salah satu program kerja IMM bidang ekonomi dan kewirausaha. Kegiatan ini juga melibatkan beberapa praktisi UMKM, dan melaunching 2 produk unggulan PC IMM OKU Timur yakni Go Maroon dan Kompi Merah Store.

Sesuai dengan tema Seminar Digital Marketing, ‘Berani berwirausaha, tingkatkan omset bisnis dan strategi marketing di sosial media’. Jadi, peserta seminar ini harus memiliki keberanian untuk memulai sebuah bisnis terutama di sosial media, seperti di Facebook, Instagram, dan Shoppe. Dan juga harapan saya peserta seminar ini bisa merubah mindset mereka yang awal mencari pekerjaan dan menjadi karyawan, tetapi kita ubah kita yang menciptakan lapangan pekerjaan.

“Dengan dilaksanakan Seminar Digital Marketing ini diharapkan mengedukasi masyarakat untuk memanfaatkan dengan bijak. Sekarang sudah zaman digital, dan setiap orang sudah memiliki smartphone jadi tidak hanya hp-nya saja yang pintar tapi, penggunanya juga pintar atau bijak dalam menggunakan HP tersebut,” terang Vicky pada awak media.

Mewakili Ketua Umum DPD IMM Sumatera Selatan, Preli Yulianto menyampaikan pesan dari Ketua Umum DPD IMM Sumsel M. Robiyatul Maulana bahwasanya DPD IMM Sumsel mengapresiasi PC IMM OKU Timur mengadakan Seminar Digital Marketing. DPD IMM Sumsel mendukung penuh kegiatan yang bernuansa kaderisasi seperti Seminar atau pelatihan digital marketing sebagai upaya perkaderan pendukung dalam meningkatkan Sumber Daya Kader (SDK), dan edukasi masyarakat untuk berani berwirausaha, dan membangun UMKM dengan strategi sebagai upaya memperkuat ekonomi umat.

Sekadar informasi, DPD IMM Sumsel juga ditunjuk sebagai tuan rumah Muktamar IMM ke-20 yang akan dihelat bulan 1-3 Maret 2024 nanti di Kota Palembang. Muktamar IMM merupakan musyawarah ataupun kongres tertinggi, dan dihadiri anggota Dewan Pimpinan Pusat IMM, utusan-utusan Dewan Pimpinan Daerah, Pimpinan Cabang IMM se-Indonesia.

IMM dalam menghadapi perkembangan zaman, dengan luwesitasnya sektor ekonomi jadi salah satu konsen dalam gerakan. Sebagai mana rekomendasi dalam kajian Buku Catatan Tinta Emas dari Narasi Menuju Aksi setidaknya ada tiga konsentrasi gerakan rekomendasi yang kini harus diutamakan oleh IMM yang disebut Tri Orientasi IMM yang merupakan konsepsi “Narasi untuk Aksi”. Ketiga hal itu fokus gerakan tersebut ialah intelektual, ekonomi dan politik.

Tri Orientasi IMM yang merupakan konsepsi ‘Narasi untuk Aksi’ yang harus diejawantahkan, Pertama gerakan intelektual, bidang ini IMM perlu melakukan penguatan Sumber Daya Kader (SDK) yang memiliki wawasan keilmuan yang dalam dan luas. Sebagai mana slogan IMM agar “Anggun dalam moral, unggul dalam intelektual, bilahi fi sabililhaq fastabiqul khairat.

Kedua, gerakan politik Ikatan yang mana yang dilakukan PC IMM OKU Timur dengan menyelenggarakan kegiatan Seminar Digital Marketing ini dengan kolaborasi dengan stakeholder yang ada, sinergi dengan sponsor, media partner, praktisi UMKM, pegiat beras organik, UMKM dengan produk-produk hilirisasi ini merupakan bagian luwesitas IMM, inklusif berkemajuan.
Ketiga, gerakan ekonomi upaya penguatan ekonomi kader dengan melaunching 2 produk unggulan PC IMM OKU Timur yakni Go Maroon dan Kompi Merah Store dalam serangkaian kegiatan ini merupakan bagian ikhtiar dalam membangun pilar ekonomi dalam gerakan dakwah IMM untuk mengajak, mendorong kader IMM dan masyarakat untuk produktif, inovatif, dan mandiri.

“DPD IMM Sumsel mengapresiasi kegiatan seminar digital marketing PC IMM OKU Timur ini. Kegiatan tersebut, sebagai salah satu upaya dalam membangun paradigma intelektual, berani berwirausaha, inovatif, produktif. Harapan kedepannya kegiatan ini harus ada implementasi untuk berani berwirausaha, berani mendirikan UMKM sehingga pusat-pusat peradaban ekonomi rakyat dapat tumbuh dan berkembang untuk kemajuan daerah,” terang prely pada awak media.

“Tetap semangat, apapun yang terjadi hidup harus lebih baik. Semoga IMM OKU Timur terus menebar kebermanfaatan, dan dapat menghasilkan generasi pemuda yang unggul, kritis, mandiri, dan produktif. Teruslah berkarya dan kolaborasi membangun daerah,” tutup Prely yang merupakan Kabid. Medkom DPD IMM Sumsel itu.

 

Kegiatan tersebut turut dihadiri oleh Hj. Meilinda, S.Sos, M.M selaku Ketua UMKM Area Kabupaten OKU Timur, H. Nuryadi, S.Pd., M.M selaku Ketua Pimpinan Daerah Muhammadiyah OKU Timur, Kakanda Guruh Yoga Waspada, S.E, H. Sugeng Supriyanto, S.P., M.M selaku Staf Khusus Bupati OKU Timur, M. Hafiz Azhad, S.P., M.Si selaku Sekretaris Yayasan STIPER Belitang, Preli Yulianto, S.P selaku Ketua DPD IMM Sumsel, Abdul Khodir selaku perwakilan Gapoktan Sumber Makmur dan Pegiat beras organik, Lazismu Kabupaten OKU Timur, Saka Bhayangkara Polsek Buay Madang Timur, Racana STKIP Muhammadiyah OKU Timur, PC IPM BMT, PD IPM OKU Timur, OKP di Lingkungan Kabupaten OKU Timur, dan peserta Pelajar, Mahasiswa, dan Pemuda di Lingkungan Kabupaten OKU Timur.

Kegiatan tersebut berjalan dengan lancar, dengan serangkaian seremonial pembukaan, sambutan-sambutan, launching Badan Usaha Milik Ikatan (BUMI) dengan brand produk Go Maroon dan Kompi Merah Store ditandai dengan potong pita, peninjauan Ketua UMKM ke stand bazar brand produk Go Maroon dan Kompi Merah Store. Dengan dilanjutkan Keynote Speaker Hj. Meilinda, S.sos, M.M selaku Direk.ICSB/Ketua UMKM Area OKU Timur, dan Seminar Digital Marketing oleh narasumber Guruh Yoga Waspada, S.E diskusi dan tanya jawab, serta sosialisasi Pupuk Cair Organik (POC) BioEnos oleh H. Sugeng Supriyanto, S.P., M.M selaku Staf Khusus Bupati OKU Timur, dan penutupan. Kegiatan tersebut dihadiri kurang lebih 600 Peserta, dan peserta mendapatkan cinderamata BioEnos satu-satu, dan sertifikat kegiatan.

Kegiatan Seminar Digital Marketing PC IMM OKU Timur didukung sponsorship Beras Organik Gapoktan Sumber Makmur, Lazismu Kabupaten OKU Timur, Mie Mu, STKIP Muhammadiyah OKU Timur, Klinik drg. Rizky Arintika Fahmi, dan bioEnos. (RIL IMM)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *