KPU Kotabaru Laksanakan Pemungutan Suara, Kepolisian Antisipasi Kerusuhan di TPS

Daerah225 views

KOTABARU,kabarOne.com- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kotabaru menggelar simulasi pemungutan dan penghitungan suara Pemilu 2024, simulasi tersebut bertujuan merepresentasikan kejadian pemungutan suara seperti di TPS yang berlangsung di Kantor KPU Kotabaru, Rabu (31/1/2024).

Selain itu simulasi ini dirancang untuk mencerminkan proses pemungutan dan penghitungan suara yang akan berlangsung pada 14 Februari 2024 mendatang.

Sekretaris Daerah Drs. H. Said Akhmad, M.M dalam sambutannya mengharapkan, pelaksanaan Pemilu yang akan berlangsung 14 Februari berjalan tertib dan kondusif.

“Pelaksanaan Pemilu 2024 yang akan berlangsung pada tanggal 14 Februari, tentunya Pemerintah Kabupaten Kotabaru berharap dapat berjalan dengan lancar dan tidak ada permasalahan khususnya di Kabupaten Kotabaru,”ungkapnya.

Sekda juga menambahkan, “tahun ini selain berlangsung untuk pemilihan legislatif juga berbarengan dengan pemilihan Capres dan Cawapres diharapkan kepada media untuk mendukung pelaksanaan melalui informasi yang disampaikan kepada masyarakat,”sebutnya.

Sementara Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kotabaru sekaligus membuka acara Kegiatan Simulasi Pemungutan dan Penghitungan Suara Pemilu Tahun 2024 Andi Muhammad Saidi, S.Sy, M.Sos mengatakan, bahwa simulasi ini merupakan tolak ukur dalam pelaksanaan Pemilu yang akan berlangsung nantinya.

“Simulasi ini merupakan ikhtiar kita yang menjadi tolak ukur dalam pelaksanaan Pemilu pada tanggal 14 Februari 2024 nanti, dimana ini juga merupakan salah satu sosialisasi kepada masyarakat untuk berpartisipasi menggunakan hak suaranya,”ujarnya.

Lebih lanjut, hari ini Kotabaru sudah melaksanakan simulasi untuk pelaksanaan Pemilu tanggal 14 Februari 2024 nanti.

“Pada hari ini Kotabaru sudah melaksanakan simulasi Pemungutan Suara untuk Pemilu tanggal 14 Februari, dimana dari simulasi ini akan diukur untuk penggunaan waktu pelaksanaan pemungutan suara dengan jumlah pengguna hak suaranya di Tempat Pemungutan Suara (TPS) seperti pengukuran durasi untuk proses pencoblosan hingga penghitungan suara,”tuturnya.

“Dan simulasi ini juga melibatkan Kepolisian yang menampilkan skema kerusuhan yang terjadi dalam TPS yang sudah diantisipasi olah pihak TNI- Polri,” tambahnya.

Saidi juga menghimbau kepada masyarakat untuk menggunakan hak suaranya dan datang ke TPS pada hari Rabu, tanggal 14 Februari 2024 nanti, pilihan boleh beda tapi kita harus tetap menjaga kondusifitas keamanan khususnya di wilayah Kabupaten Kotabaru.

Adapun alat penunjang kegiatan simulasi ini terdiri dari surat suara dan ukurannya disesuaikan dengan Pemilu 2024, hanya dengan perubahan nama dan logo menjadi nama buah.

Dan untuk proses pemungutan dan penghitungan dilakukan serupa dengan hari pemilihan seperti pengambilan sumpah dimulai pada pukul 7 pagi dan berakhir pada pukul 13 siang dilanjutkan dengan penghitungan suara.

Selanjutnya, petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) memanggil pemilih untuk mendapatkan surat suara dan memberikan hak pilih di bilik suara.

Setelah mencoblos, pemilih memasukkan surat suara ke kotak suara sesuai pemilihan hingga penggunaan tinta, pada simulasi itu, juga terlihat pendampingan bagi calon pemilih dengan kebutuhan khusus atau disabilitas dengan diharuskan pendampingannya anak atau keluarga terdekat.

Undangan yang berhadir pada simulasi tersebut diantaranya Sekda Kotabaru, Kepala Badan Kesatuan Bangsa Dan Politik (KESBANGPOL), Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi, Kejaksaan Tinggi FORKOPIMDA, BAWASLU, Perwakilan Partai Politik, KPPS & PPS Kecamatan Pulau Laut Utara dan Pulau Laut Sigam.(HRB)

By; Herpani

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *