Kafilah Kotabaru Tampilkan Masjid Apung Siring Laut di Pawai Ta’aruf MTQN Ke-35

Daerah107 views

TAPIN,kabarOne.com- Pelaksanaan Pawai Ta’aruf di ajang Musabaqah Tilawatil Qur’an ke-35 Tingkat Provinsi Kalimantan Selatan di Tapin, Kafilah dari Kabupaten Kotabaru menampilkan Masjid Kapal Apung Siring Laut, Sabtu (27/4/2024) menjelang sore di Kabupaten Tapin.

Gubernur Kalimantan Selatan yang di wakili Plt. Kepala Biro Kesejahteraan Masyarakat Setda Provinsi KalSel Ir.Ahmad Solhan,ST,MT menyampaikan, Pelaksanaan Pawai Ta’aruf ini sebagai awal kita siap melaksanakan MTQN.

“Pawai Ta’aruf ini merefleksikan bahwa kita benar-benar siap menyelenggarakan dan mendukung event MTQN ke-35 Tingkat Provinsi Kalimantan Selatan, dan Pawai Ta’aruf ini mengambarkan kebudayaan dan kesenian islam amat beragam,” ujarnya.

Sementara itu, Bupati Tapin Muhammad Syarifuddin,M. Pd mengakan, bahwa jumlah peserta Pawai Ta’aruf dari 13 Kabupaten/Kota termasuk Kabupaten Tapin sebagai tuan rumah mengikuti Pawai Ta’aruf ini masing-masing Kabupaten/Kota mengangkat kearifan lokal yang ada di wilayah Kalimantan Selatan.

Adapun dalam kategori lomba ini akan mendapatkan uang pembinaan sebesar Rp. 32. 500.000.000 (tiga puluh dua juta lima ratus ribu rupiah).

Ditempat yang sama, Sektetaris Daerah Kotabaru Drs. H. Said Akhmad, MM dalam menghadiri kegiatan tersebut menjelaskan, untuk ikut meramaikan MTQN ke-35 Tingkat Provinsi Kalimantan Selatan di Kabupaten Tapin, Kabupaten Kotabaru mengangkat Masjid Apung Siring Laut dalam pelaksanaan Pawai Ta’aruf dalam rangka pengembangam wisata religius.

“Pada Pawai Ta’aruf hari ini kita mengangkat Masjid Apung Kotabat, karena Kabupaten Kotabaru Komitmen selain tempat wisata, dan bagaimana kita mengembangkan wisata religius salah satunya dengan mengangkat Masjid Apung kita yang mana Masjid Apung ini menurut saya salah satu Masjid pertama yang berbentuk kapal,” bebernya.

Karena sepengetahuan saya di daerah lain itu hanya berbentuk Masjid Apung, kalau Daerah Kotabaru adalah Kapal Apung. Selain itu, Kotabaru juga ingin ikut serta dalam memeriahkan dan menyemarakkan syiar islam melalui Musabaqah Tilawati Qur’an ini.

Sedangkan, Kepala Kementrian Agama Kotabaru Dr. H. AKhmad Kamal, S. HI. M.Ag mengharapkan, agar Kafilah Kabupaten Kotabaru terjaga secara mental dan fisik serta siap untuk berkompetisi bersama peserta yang berasal dari Kabupaten lainnya yang ada di wilayaj Provinsi Kalimantan Selatan.

“Untuk Pawai Ta’aruf ini kita ada 113 Kafilah yang ikut memeriahkan MTQN ke-35, dan saya juga berharap agar para Kafilah yang ikut berkompetisi untuk selalu menjaga kesehatan dan bisa mengharumkan nama Kabupaten Kotabaru,” harapnya.

Kafilah Kabupaten Kotabaru sebagai kafilah urutan ketujuh dengan menampilkan hadrah yang diiringi dengan lantunan shalawat berjalan beriringan dengan total 113 orang yang terdiri dari kafilah yang dipimpin Asisten I dan Staf Ahli Bidang Pemerintahan Setda Kotabaru dan diikuti Camat Sekabupaten Kotabaru.

Kafilah Kabupaten Kotabaru membentangkan spanduk yang bertuliskan “Dengan Semangat Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) Nasional Mari Kita Membudidayakan Gemar Membaca Al-qur’an “.

Dalam kesempatan itu, Kafilah Kabupaten Kotabaru menyerahkan souvenir khas Kabupaten Kotabaru kepada Pj. Kepala Biro Kesejahteraan Masyarakat Setda Prov. KalSel dalam mewakili Gubernur Kalimantan Selatan.

Adapun rute yang dilalui peserta Pawai Ta’aruf dimulai dari Jalan Ruang Terbuka Publik Rantau, Jalan H. Hasan Basri, Jalan A. Yani Kupang, dan Perempatan Lampu Merah Kupang menuju Jalan H. Isbat menuju Kota Rantau, lewat Jalan Rantau Margasari terus kembali ke Jalan H. Hasan Basri dan Finis di Lapangan Dwidharma Rantau.(HRB)

By; Herpani

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *