Kebutuhan Pangan Kabupaten Bojonegoro Aman

Ekonomi690 views

Kabarone Bojonegoro- Produksi padi di Kabupaten Bojonegoro untuk tahun 2016 sudah mencapai target produksi. Saat ini produksi padi di Bojonegoro mencapai 960 ribu ton atau surplus 12 persen dari target 900 ribu ton gabah.

Dari sisi ketahanan pangan tidak ada masalah. Kebutuhan beras untuk konsumsi rumah tangga dan komersial mencapai 11 ribu ton per bulan atau dalam satu tahun 330 ribu ton. Sedangkan, jumlah konsumsi sendiri hanya 3 persen dari jumlah total hasil panen. Sehingga paska terjadi banjir luapan sungai Bengawan Solo tidak mempengaruhi kebutuhan pangan di Bojonegoro soalnya produksi padi di tahun ini tidak terganggu oleh banjir yang melanda sejumlah Kecamatan di Bojonegoro.

Jumlah tersebut berasal dari kawasan produktif beras dibantaran sungai Bengawan Solo yang tersebar di 12 Kecamatan mulai Kecamatan Margomulyo sampai Kecamatan Baureno. Penambahan musim tanam yang biasanya dua kali tanam bisa tiga kali tanam soalnya, tahun 2016 merupakan tahun yang bermusim kemarau basah apalagi sekarang sudah masuk musim penghujan(pur).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *