Jama’ah Haji Asal Kotabaru Berangkat dan Pulang Lengkap, Pemkab Sediakan 6 Bus

Nasional120 views

KOTABARU,kabarOne.com- Jamaah Haji asal Kabupaten Kotabaru yang tergabung di Kloter 13 BDJ Tiba Di Tanah Air.

Kloter 13 BDJ merupakan gabungan jama’ah Haji Kabupaten Kotabaru-Kabupaten Hulu Sungai Selatan yang bejumlah 320 Jamaah dengan menggunakan pesawat Garuda Indonesia dengan nomor penerbangan GA8213.

Rombongan berangkat melalui Bandara Amir Muhammad Bin Abdul Aziz – Madinah, Selasa, 09/06/2024 pukul 21.50 WAS/02.50 WITA dan tiba di Bandara Syamsuddin, Rabu (10/07/2024) pukul 16.05 Wita.

Jamaah haji kloter 13 BDJ dijadwalkan diterima serta melalui proses administrasi dan lain-lain di Embarkasi Haji Banjarbaru pada pukul 17.22 Wita.

Selanjutnya setelah proses penerimaan jamaah di Aula Jeddah Asrama Haji Banjarbaru serta proses administrasi dan lain lain, Jamaah Haji Kabupaten Kotabaru keluar dari Asrama Haji menuju Kotabaru pada pukul 21.00 Wita

Pemerintah Kabupaten Kotabaru berupaya semaksimal mungkin dalam menyambut kedatangan seluruh jamaah haji Kabupaten Kotabaru yang jumlahnya sebanyak 320 orang.

Kepala Bidang Penyelenggaraan Haji Dan Umroh Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Kalimantan Selatan, Dr. H. Edi Khairini, memberikan ucapan selamat datang kepada para jemaah, dan juga mengucapkan terima kasih atas kesabaran dan ketabahan para jemaah dalam menghadapi segala tantangan selama di Tanah Suci.

“Alhamdulillah semua jemaah haji Kloter 13 BDJ tiba dengan selamat, semoga ibadah haji yang mabrur dan membawa berkah bagi keluarga dan masyarakat,” ujar H. Edi dalam sambutannya.

Kepala Kementerian Agama Kabupaten Kotabaru Dr. H. Ahhmad Kamal, S.HI, M. Ag selaku Petugas Pembimbing Ibadah Haji Indonesia (PPIHI) Kloter 13 mengucapkan rasa syukur atas lancarnya pelaksanaan ibadah haji serta jumlah jamaah berangkat dan pulang dalam keadaan lengkap

“Kami mengucapkan Alhamdulillah atas kelancaran pelaksanaan ibadah haji tahun ini serta jumlah jamaah saat keberangkatan dan Pemulangan dalam jumlah yang lengkap,” ungkapnya.

Saya juga mengucapkan terima kasih yang setinggi-tingginya kepada Bupati Kotabaru serta seluruh jajaran Pemerintah Kabupaten Kotabaru atas dukungannya.

Pada keberangkatan tahun haji 1445 H/2024 tanggal 27 Mei 2024 jamaah haji Kabupaten Kotabaru sebanyak 228 jamaah calon haji dalam kloter 13 yang diberangkatkan ke asrama haji Banjarbaru.

Sedangkan yang mengikuti acara pelepasan jamaah haji sebanyak 178 dan ada 8 orang jamaah jemputan di Masjid Al-Muhajrin Serongga, dengan jumlah keseluruhan jamaah calon haji kloter yang tergabung dengan Hulu Sungai Selatan sebanyak 320 ada jamaah calon haji kloter 13 BDJ

Setelah melalui proses pemeriksaan kesehatan dan administrasi, para jemaah haji kemudian dijemput oleh keluarga masing-masing dan untuk rombongan penjemputan sendiri terdiri dari Mobil pengawalan dari Polres Kotabaru, Satpol PP Kementrian Agama, Dinas Perhubungan, Dinas Kesehatan, Diskominfo, Konsumsi dan 6 Buah Bus Jamaah.

Ada salah satu bus berisi 18 orang didampingi petugas 1 dari Dishub, 1 dari Satpol-PP dan 2 tenaga medis, sementara untuk jamaah sendiri ada 10 orang yang diturunkan di Serongga, dan tahun ini koper beserta jamaah datang secara bersamaan.

Sedangkan untuk proses penjemputan dari Pemkab Kotabaru menyediakan 6 Bus yang diberangkatkan dari Kabupaten Kotabaru menuju Asrama, dan 107 orang Jamaah yang ikut dalam rombongan penjemputan, sedangkan 121 jamaah haji lainnya pulang secara mandiri dengan dijemput masing-masing keluarga jamaah.

Dalam perjalanan pulang ke Kabupaten Kotabaru rombongan bertolak dari Asrama Haji pukul 20. 30 Wita berhenti di Masjid Al-Kautsar Sei. Kapuk pukul 01.00 – 02.00 Wita, selanjutnya di Masjid Al-Muhajrin Serongga diperkirakan tiba pada pukul 04.00 dini hari untuk menurunkan 10 orang jamaah dan koper sekaligus sholat subuh, dan tiba di Masjid Agung Husnul khatimah pukul 09.30 Wita.(HRB)

By; Herpani

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *