by

BNN Beri Penghargaan Kepada Personil Kodim 0911/Nunukan

-Hankam-2,122 views

Kabarone.com, Nunukan – Kejahatan Narkoba merupakan kejahatan yang bersifat lintas negara (transnational crime), kejahatan terorganisir (organized crime), dan kejahatan serius (serious crime) yang menimpa segenap lapisan masyarakat di dunia dan tidak dapat ditolerir lagi. Sebab akibatnya dapat meluluh lantahkan generasi penerus bangsa, sehingga diperlukan kepedulian dan komitmen bersama dalam mengatasi jerat peredaran barang haram tersebut.

Presiden Joko Widodo pun membuktikan komitmen Indonesia dalam memerangi Narkoba dengan menetapkan Indonesia pada situasi darurat Narkoba. Segala upayapun terus dilakukan demi menekan angka prevalensi penyalahguna Narkoba dan juga memutus mata rantai peredaran gelap Narkoba, khususnya di tanah air.

Presiden pun menghimbau agar seluruh elemen bangsa, mulai dari pemerintah, aparat penegak hukum, dan masyarakat bahu membahu “membersihkan” Indonesia dari penyalahgunaan dan peredaran gelap Narkoba.

Salah satu upaya seperti yang dilakukan personel Kodim 0911/Nunukan memang patut mendapatkan apresiasi, karena telah berhasil menggagalkan upaya penyelundupan 7 (tujuh) bal sabu seberat 359,48 gram asal Malaysia yang dilakukan oleh 3 (tiga) orang tersangka, yaitu Hamzah (21), Azulizan (23), dan Muhammad Rusdi (33), di Pelabuhan Tunon Taka Ka, Nunukan, pada Minggu (2/8) lalu.

Meski pengungkapan kasus Narkoba yang diduga dilakukan oleh jaringan sindikat Narkoba yang profesional ini terbilang relatif sulit, karena selain menyimpan sabu di celana dalam yang dikenankan salah satu tersangka, sabu juga disembunyikan di dalam perut dengan cara ditelan (swallowed), namun berkat kewaspadaan dan ketelitian aparat Personel Kodim 0911/Nunukan akhirnya kasus ini dapat terungkap dan para tersangka dapat diamankan.

Atas prestasi tersebut, Badan Narkotika Nasional (BNN) sebagai leading sector dan focal point dalam penanggulangan permasalahan Narkoba di Indonesia, memberikan apresiasi dan penghargaan kepada Personel Kodim 0911/Nunukan.

Penghargaan diberikan langsung oleh Kepala BNN kepada 5 (lima) personel Kodim 0911/Nunukan, yaitu Mayor Inf. Kadir Tangdiesak, Lettu Inf. AlimIbrohim, Lettda Inf. Joan AgusSulistiya, Sertu Bambang RE, dan Serda. Bahtiar Ahmad Pinuji, dengan disaksikan Gubernur Kalimantan Timur, Kapolda Kalimantan Timur, dan Walikota Balikpapan, di Lapangan Makodam Mulawarman VI, Balikpapan, Kalimantan Timur, padaSelasa (18/8).

Melalui penghargaan ini, Kepala BNN mengucapkan rasa terimakasih atas kepedulian serta kewaspadaan Personel Kodim 0911/Nunukan akan peredaran gelap Narkoba di kawasan perairan Provinsi Kalimantan Timur, dan berharap dapat menjadi contoh bagi aparat penegak hukum lainnya khususnya bagi personel yang bertugas di wilayah perbatasan. (Hm/Dn)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *