by

Kabupaten Bulungan Raih Penghargaan Kabupaten Sehat WIWERDA

Kabarone.com, Bulungan – Kementerian Kesehatan RI memberikan penghargaan kabupaten sehat kategori tingkat 2 yaitu Wiwerda kepada Kabupaten Bulungan. Terdapat 2 kabupaten di Kalimantan Utara yang mendapat penghargaan tahun ini yaitu Bulungan dan Kabupaten Nunukan.

Pemberian penghargaan yang diserahkan langsung oleh Menteri Kesehatan RI itu berlangsung di Jakarta pada Jumat (27/11), yang diterima oleh Sekkab, Drs Syafril mewakili Pemkab Bulungan. Penghargaan yang diberikan setiap 2 tahun ini terdiri 3 tingkatan mulai dari Padapa (pemantapan), Wiwerda (pembinaan) dan Wistara (pengembangan). Kabupaten Bulungan dan Nunukan sama-sama mendapat penghargaan Swasti Saba Wiwerda atau kategori tingkat pembinaan.

Sekkab pun berharap, ke depan Bulungan bisa lebih meningkat dalam sektor kesehatan agar dapat meraih penghargaan lebih tinggi. Sebab untuk mencapai kriteria tersebut, ada 9 tatanan kabupaten/kota sehat yang telah ditetapkan oleh pemerintah pusat, yang dapat dipilih oleh kabupaten/kota berdasarkan kemampuan, sumber daya dan kebutuhan pemerintah daerah dan masyarakatnya.

“Kita berharap penghargaan ini dapat lebih memacu meningkatkan kinerja dan prestasi di bidang kesehatan, paling tidak secara bertahap hingga bisa mencapai kategori tertinggi yaitu Wistara,” terangnya usai menerima penghargaan.

Dijelaskan, sebanyak 9 tatanan dalam kabupaten sehat yakni tatanan permukiman, sarana dan prasarana sehat, tatanan sarana lalu lintas tertib dan pelayanan transportasi, tatanan industri dan perkantoran yang sehat, tatanan kawasan pariwisata sehat, tatanan pertambangan sehat, tatanan hutan sehat, tatanan kehidupan masyarakat sehat yang mandiri, tatanan ketahanan pangan dan gizi dan tatanan kehidupan sosial yang sehat.

“Jadi bisa kita lihat, raihan penghargaan kabupaten sehat ini tidak hanya dari kinerja dinas kesehatan tapi terkait pula dengan satuan kerja lainnya,” sambungnya. Ia pun berpesan, agar penghargaan ini dapat memacu seluruh satuan kerja perangkat daerah (SKPD, Red) di lingkungan Pemkab Bulungan untuk meningkatkan kinerja dalam membangun daerah. Sebab SKPD merupakan leading sektor pada bidang pembangunan masing-masing.

“Apalagi tahun depan anggaran turun maka tiap SKPD dituntut memacu kreatifitasnya, tetap semangat serta mencapai target maksimal,” tegasnya.

Sementara Dinas Kesehatan Bulungan diwakili dr Imam Sujono menambahkan, Bulungan mendapat penghargaan kabupaten sehat tingkat Wiwerda karena mampu mencapai 6 dari 9 tatanan.

“Antara lain tatanan pertambangan sehat dan tatanan kehidupan masyarakat sehat yang mandiri,” sebutnya. Pihaknya pun menyampaikan terima kasih atas kerja keras seluruh SKPD terkait sehingga penghargaan kabupaten sehat tahun 2015 ini dapat diraih. (Mudi)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *