Kementerian KKP Beri Bantuan Kapal, Penerima Harus Melengkapi Persyaratan

Regional1,775 views

Kabarone.com, Jambi – Kepala Dinas DKP Provinsi Jambi, Saipuddin mengatakan bahwa, Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Jambi akan mendapatkan bantuan bagi nelayan berupa kapal dan alat tangkap oleh Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) sesuai dengan program negara maritim.

Hal itu dikatakan Saipuddin yang didampingi Kabid tangkap, Dodi Febri saat membuka pertemuan evaluasi bantuan kapal dan alat tangkap, Selasa (01/12) di Ceria.

“Atas program tersebut, semua wilayah yang mempunyai laut khususnya Provinsi Jambi melalui 2 Kabupaten, Tanjab Barat dan Tanjab Timur akan mendapatkan bantuan berupa kapal dan alat tangkap,” terangnya.

Untuk Provinsi Jambi dalam 2 Kabupaten tersebut, mendapatkan bantuan kapal 10 unit, tetapi ini tidak diberikan secara cuma-cuma. “Ada beberapa persyaratan yang wajib di taati oleh nelayan,” ungkapnya.

Menurutnya, melalui program yang diberikan oleh Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti dan sesuai dengan instruksi Presiden RI Joko Widodo, Indonesia sebagai negara Maritim harus berkedaulatan atas lautnya. Kementerian tidak main-main, dalam rangka untuk mensejahterakan nelayan. Di seluruh Indonesia akan dibagikan bantuan kapal sebanyak 3600 unit termasuk alat tangkapnya.

Lebih lanjut Saipuddin menegaskan bahwa dalam pertemuan evaluasi penerima bantuan kapal dan alat tangkap ini ada 3 hal yang harus di pahami oleh para nelayan. 3 hal yang dimaksud, Pertama Pemerintah, sebagai penggagas untuk mensejahterakan rakyatnya baik itu petani maupun nelayan. Kedua Masyarakat, pemerintah tidak memilih-milih bagi masyarakat yang benar-benar dapat meningkatkan ekonomi serta pendapatannya, dan Ketiga Swasta, ini berperan sebagai mitra dari 2 unsur.

“Kalau 3 hal ini berjalan sendiri-sendiri otomatis program ikut membangun sektor kelautan akan mengalami kegagalan. Dengan tindakan tegas yang diberikan oleh ibu Susi selaku menteri terhadap pencuri ikan dalam wilayah laut Indonesia dengan cara menangkap dan menenggelamkan kapal pencuri, ini didukung oleh Presiden,” tegasnya. (Inr)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

1 comment

  1. mari kita dukung program ini. dan bantuan peraltan bagi nelayan betul-betul diterima oleh nelayan. apa pensyaratan untuk mendapatkan bantuan kapal dan peraltan