Seleksi Makin Ketat, Hanya Satu Catar Akpol Gagal di Tahap Tiga

Ragam667 views

Kabarone.com, SEMARANG –Satu calon taruna (Catar) seleksi masuk Akademi Kepolisian Tahun 2019 dipulangkan karena tidak memenuhi syarat pada tes kesamaptaan jasmani.

Kepala Biro Pengendali Personel Staf Sumber Daya Manusia (SSDM) Polri Brigjen Pol Sudarsono mengatakan, catar yang gagal tersebut berasal dari Sulawesi Tengah (Sulteng).

“Ada satu catar yang kembali (dipulangkan) karena tidak memenuhi syarat, lantaran mendapatkan nilai nol di uji kesamaptaan pada tes pull up,” kata Sudarsono di Gedung Cendikia Akpol Semarang, Jumat (19/7).

Pemulangan tahap ketiga yang hanya satu orang ini menurutnya menunjukkan bahwa mereka memang betul-betul sudah menyiapkan diri. Demikian juga dalam proses seleksi di panitia daerah pun sudah cukup ketat.

“Sehingga sampai akhir ini pun masih banyak yang bertahan, masih mengikuti seleksi tahapan berikutnya,” ungkapnya.

Catar yang lolos tahap ketiga selanjutnya akan mengikuti tes seleksi akademik yang dilaksanakan Sabtu (20/7/2019) besok di Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) Semarang.

“Besok akan tes akademik di Udinus, untuk materi yang akan dilaksanakan berkaitan dengan Tes Potensi Akademik (TPA) dan Bahasa Inggris,” tandasnya.

Diberitahukan sebelumnya, pada Senin (8/7) kemarin, dari 382 catar ada 10 orang dі аntаrаnуа dinyatakan tidak lolos pada seleksi tahap pertama. Kemudian berkurang 2 orang раdа seleksi tahap kedua dan 1 orang pada tahap ketiga ini.

Hingga saat ini masih menyisakan 369 orang dan akan kembali menjalani seleksi untuk mengisi formasi penerimaan seleksi catar Akpol tahun ini sebanyak 250 orang.Mereka terdiri dari 220 taruna dan 30 taruni. (Amr)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *