BPJS-K Cabang Lhokseumawe Gelar Sosialisasi Kepada Pimpinan dan Guru Dayah Di Aceh Utara 

Daerah, Regional402 views

Kabarone.com, Aceh Utara – Pimpinan dan tenaga guru pendidikan Dayah (Pondok Pesantren) di Kabupaten Aceh Utara mengikuti sosialisasi manfaat BPJS Ketenagakerjaan. Sekaligus penyerahan Surat Keterangan Terdaftar (SKT) tahun 2019. Kegiatan tersebut digelar oleh BPJS Ketenagakerjaan cabang Lhokseumawe. Rabu (28/8)

Acara berlangsung di Aula Kantor Bupati Aceh Utara, dihadiri oleh Wakil Bupati Aceh Utara Fauzi Yusuf, Kadis Pendidikan Dayah Aceh Utara, Abdullah Hasbullah, Kepala BPJS Ketenagakerjaan Cabang Lhokseumawe, Abdul Hadi, dan sejumlah Pimpinan Dayah dan guru ngaji se-Aceh Utara.

Wakil Bupati, Fauzi Yusuf menyerahkan secara simbolis SKT BPJS Ketenagakerjaan kepada tiga perwakilan Dayah diantaranya, Dayah Madinatuddiniyah Paloh Gadeng (Tipe A +) Kecamatan Dewantara, yang diterima langsung oleh Pimpinannya, Tgk. H. Mustafa Ahmad (Abu Paloh Gadeng). Selanjutnya kepada Dayah Jabal Nur Paloh Lada (Tipe A) juga dari Kecamatan Dewantara, serta Dayah Salafiah Aneuk Laot Mane Kawan Kecamatan Seunuddon (Tipe B).

Kadis Pendidikan Dayah Kabupaten Aceh Utara, Abdullah Hasbullah mengatakan, kurang lebih 2.000 orang pimpinan dan tenaga guru pendidikan dayah di Kabupaten Aceh Utara, saat ini di daftarkan sebagai peserta Jaminan sosial BPJS Ketenagakerjaan. 

“Mereka merupakan Pimpinan dan Guru dari 156 Dayah yang telah resmi terdaftar di Dinas Pendidikan Dayah Kabupaten Aceh Utara,” Jelasnya.

Kemudian ia mengatakan, ini merupakan terobosan baru yang kita lakukan sebagai proteksi atau perlindungan kepada pimpinan dan guru dayah. Selain jaminan kesehatan, nanti mereka juga akan memperoleh Jaminan Kecelakaan kerja dan Kematian.

“Sementara mengenai masalah iuran biaya ke BPJS Ketenagakerjaan dipotong langsung dari honorarium insentif Pimpinan dan guru yang selama ini diberikan oleh Dinas Pendidikan Dayah. Tetapi dari 156 Dayah di Aceh Utara, yang sudah pasti ikut menjadi peserta Jaminan Kecelakaan dan Kematian ini hanya 153 dayah. Tiga lainnya belum lengkap berkas dan nanti segera menyusul,” Pungkasnya.

Sementara itu Kepala BPJS Ketenagakerjaan cabang Lhokseumawe, Abdul Hadi, menyebutkan, pimpinan dan guru dayah nanti akan diberikan Kartu peserta sebagai pertanda bahwa sudah sah menjadi peserta Jaminan Kecelakaan dan Kematian dari BPJS. Bahkan akan di sertifikatkan bagi Masing-masing dayah yang menjadi peserta. 

“Jadi kalau ada apa-apa dengan mereka nantinya seperti musibah dan Kecelakaan bisa di tanggung penuh oleh BPJS Ketenagakerjaan,” Ucapnya. (Fadli)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *