Milad Ke 66 ,UMI telah membentuk Tim Penyusun Kurikulum untuk penerapan Kampus Merdeka dan Merdeka Belajar

Ragam490 views

Kabarone.com, Jakarta – Rektor UMI, Prof Dr H Basri Modding, SE, MSi pada kesempatan itu menyampaikan terima kasih atas kehadiran Wapres.

Wakil Presiden Prof KH Ma’ruf Amin menerima penganugerahan gelar doctor honoris causa Gelar terakhir diperoleh Ma ‘ruf Amin dari Universitas Muslim Indonesia dalam bidang ilmu Manajemen Keminatan Manajemen Syariah.di Kampus UMI Pemberian gelar dilakukan bersamaan dengan Milad ke 66. Dihadiri Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Nadiem Makarim.

Rektor UMI, Prof Dr H Basri Modding, SE, MSi , Mengatakan UMI saat ini telah masuk rangking 69 dari seluruh perguruan tinggi di Indonesia dalam pemeringkatan SINTA. “Selanjutnya kita berikhtiar agar Tim Fakultas Kedokteran UMI, dapat melahirkan prodi spesialis tahun ini.”ungkapnya.

Prof Dr H Basri Modding, SE, MSi , Menambahkan UMI memiliki sumber daya manusia yang potensial. Hingga Juni 2020, UMI memiliki 1.375 dosen 857 orang dan tenaga kependidikan 518 orang. Guru besar tetap UMI 51 orang.

Sambung dia UMI merupakan perguruan tinggi penyumbang guru besar terbanyak (67,12%) untuk perguruan tinggi swasta dalam lingkup Lembaga Layanan DIKTI Wilayah IX Sulawesi.

Sebagai Alumni Saya mengucapkan selamat kepada Civitas Akademika UMI dlm memperingati Milad ke 66 semoga cita cita ideal UMI sebagai kampus islami dan kampus pengabdian diamalkan secara konsisten dan menjadi semangat dan inovasi bagi insan akademika UMI utk meningkatkan kompetensi global melalui berbagai inovasi seperti transformasi digital, softskill, kompetensi abad 21. Kata ,Guru Besar Fakuktas Hukum UMI, Prof Dr Abdulatif SH MH.

Hal ini menurut sy sejalan dgn kebijakan pemerintah melalui kemendikbud harus direspons sebagai sebuah peluang utk melakukan loncatan besar menuju kemandirian dan keunggulan UMI ditengah persaingan global, khususnya lulusan UMI berkualitas nasionalis berkarakter demokrasi yg islami etika moral dan senantiasa mampu bertransformasi.

Momentum Milad UMI tahun ini tentunya tidak hanya menjadi suatu wadah menuntut ilmu saja, melainkan juga UMI harus menjadi mercu suar yang mampu menyinari perkembangan dunia pendidikan yang dapat menjangkau terhadap aspek kehidupan serta merespon fenomena yang terjadi ditengah tengah masyarakat kita dan memberikan pengharapan kepada masa depan bangsa dan negara agar menjadi bukti yang nyata kontribusi UMI, untuk terus berkontribusi demi pengembangan Indonesia maju yang lebih baik lagi.

Kemudian Prof Dr H Basri Modding, SE, MSi , menyampaikan bahwah Dalam situasi pademi covid-19, menerapkan pembelajaran daring; kegiatan ilmiah, seminar, diskusi, dan workshop melalui Webinar, termasuk kegiatan keagamaan, pesantren & Interaktif Ramadhan Virtual, peringatan hari besar Islam, semuanya melalui online.

Kemudian UMI juga telah membentuk Crisis Centre Covid-19 untuk membantu pemerintah dan masyarakat untuk mengatasi masalah yang timbul akibat pandemi covid-19.

Dia juga mengutarakan UMI telah membentuk Tim Penyusun Kurikulum untuk penerapan Kampus Merdeka dan Merdeka Belajar. Diharapkan tahun ajaran baru 2020/2021 kebijakan itu dilaksanakan, sebab selama ini mahasiswa UMI telah melaksanakan berbagai program magang di sejumlah institusi dan industri.ujarnya.

Dalam bidang pengembangan SDM, Basri menyebutkan UMI memiliki sumber daya manusia yang potensial. Hingga Juni 2020, UMI memiliki 1.375 dosen 857 orang dan tenaga kependidikan 518 orang. Guru besar tetap UMI 51 orang. UMI merupakan perguruan tinggi penyumbang guru besar terbanyak (67,12%) untuk perguruan tinggi swasta dalam lingkup Lembaga Layanan DIKTI Wilayah IX Sulawesi. Dilansir MI.

“Kami terus mendorong dosen untuk senantiasa meningkatkan pendidikannya untuk mencapai gelar doktor. Alhamdulillah, untuk tahun akademik 2019/2020 jumlah dosen yang telah menyelesaikan studi lanjut sebanyak 28 orang. Jumlah mahasiswa aktif UMI sebanyak 23.406 orang pada Tahun Ajaran 2019/2020,” imbuhnya.

jumlah alumni UMI mencapai 103.944 orang. “Mereka telah eksis di berbagai sektor, baik di pemerintahan maupun swasta.” tutup. ( sena).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *