Peran Pemuda Dalam Mewarisi Nilai Kepahlawanan

Ragam916 views

Lamongan,Kabarone.com- Keteladanan kunci keberhasilan penanaman nilai-nilai kepahlawanan. Para pejuang, perintis, dan pendiri Negara ini, telah mewariskan nilai-nilai kepahlawanan kepada bangsa Indonesia. Nilai-nilai yang amat mulia tersebut harus tetap terpatri dalam sanubari bangsa Indonesia.

Founder Rumah Baca Api Literasi Fathan Faris Saputro menyampaikan hal itu saat di hubungi  Ahad (16/08/20)

Faris mengatakan, jika bangsa ini menghendaki tetap tegaknya Negara Indonesia. “Nilai-nilai tersebut harus diwariskan dari generasi ke generasi dan diejawantahkan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara,” pesannya.

Peraih juara lomba essay tingkat nasional tahun 2020 itu menyampaikan, Untuk itu, dituntut adanya keteladanan dari para elit politik, tokoh masyarakat, para guru, dan orang tua. Keteladanan yang dimaksud adalah bahwa para generasi tua harus menjadi bukan sekedar memberi teladan. “Seiring dengan perkembangan kehidupan berbangsa dan bernegara saat ini, makin sulit mencari pemimpin yang bisa dijadikan teladan bagi pewaris nilai-nilai kepahlawanan,” ujarnya.

Faris juga menyinggung soal peran pemerintah. Menurutnya kondisi seperti ini jika dibiarkan terus-menerus niscaya berakibat sangat fatal. Nilai-nilai kepahlawanan yang mestinya melandasi dan mendasari dan mendasari sikap dan perilaku setiap komponen bangsa dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara kini justru digantikan oleh nilai-nilai materialistic, individualistic, konsumerisme, hedonistic, dan nilai-nilai lain yang tidak sesuai dengan nilai-nilai luhur bangsa. Kewarisan dan pelestarian nilai-nilai kepahlawanan dan keteladan dari para pemimpin mutlah diwujudkan, bukan sekedar dibicarakan.

“Masih banyak lagi nilai-nilai kepahlawanan yang perlu digali untuk diwarisi oleh generasi penerus perjuangan bangsa, baik di masa kini pun di masa mendatang. Kearifan dan kesadaran generasi penerus untuk mewarisi nilai-nilai luhur yang telah diperjuanngkan para pendiri bangsa ini,” tambahnya.

Perjuangan para pahlawan dilandasi semangat dan sikap ingin mendirikan Negara dan bangsa yang merdeka dan mandiri. Namun, saat ini para elit politik justru membuat kebijakan yang menggantungkan diri pada pihak asing. Mereka menumpuk hutang luar negeri dan menggadaikan Negara dan tanah airnya kepada pihak asing.

Dia berharap, di usia yang ke 75 ini Indonesia bisa semakin maju dan selalu memberikan manfaat. Pungkasnya (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *