Optimis Kebangkitan Ekonomi Dari Desa Agrowisata

Daerah281 views

Lamongan,kabarone.com-Di sela peninjauan penerpan PPKM Mikro di KecamatanKaranggeneng dan di Kecamatan Solokuro, Jumat (25/6) Bupati YES juga melakukan penanaman pohon durian di DesaSugihan Kecamatan Solokuro bersama dengan KapolresAKBP Miko Indrayana dan Dandim 0812 Letkol InfantriSidik Wiyono.

Dalam kesempatan tersebut Bupati YES menyampaikankeoptimisannya terhadap kebangkitan ekonomi Lamonganmelalui Desa-Desa Agrowisata contohnya di Desa Sugihantersebut.

“Desa Sugihan memiliki potensi yang cukup besar, banyaktanaman-tanaman buah yang sehingga mendukung untukdijadikan sebagai Desa Agrowisata. Ditambah dengan ide daninovasi yang dilakukan oleh aparat desa dan masyarakatmelalui BUMDes setempat semakin menumbuh kembangkanpotensi yang ada,” ungkap Bupati YES.

Bupati YES juga sengaja mengajak pihak perbankan dalamlawatan tersebut untuk menunjukkan potensi Desa Sugihansebagai Agrowisata agar kedepannya dapat memberikandukungan dana kepada UMKM yang ada di sekitarnya.

Disebutkan oleh Kades Sugihan Khusnul Sakin jikasebelumnya hanya terdapat 20-30 buah pohon durian yang siap panen, saat ini sudah terdapat 2.500 batang pohon durian.Tak hanya durian, beberapa buah juga telah ditanam untukmendukung Desa Sugihan sebagai Desa Agrowisata,

“Selain durian, kami juga menanam pohon pisang cavendisyang kurang lebih ada 4.000 pohon. Ada pohon jeruk, belimbing, kelengkeng dan rambutan. Selain menanambeberapa macam buah, disini juga telah disiapkan ojek dankereta kelinci untuk mengangkut para pengunjung, jalan usahatani pun sudah berupa beton,” ungkap Khusnul Sakin

Khusnul Sakin menambahkan bahwa kedepannya disediakansatu hektar tanah bengkok desa untuk dibangun gazebo-gazebo sebagai tempat istirahat dan bekerjasama denganUMKM setempat untuk menyediakan produk olahanmakanan.

“Pada tahun 2021 ini tidak dianggarkan dana untukpembangunan fisik karena Anggaran Dana Desa lebihdiprioritaskan untuk dana sosial termasuk untukpenanggulangan Covid 19,” kata Khusnul Sakin.

Dia berharap kedepannya Desa Agrowisata Sugihan ini dapatmenjadi salah satu tujuan wisata baik masyarakat Lamonganmaupun luar Lamongan sehingga dapat meningkatkankesejahteraan masyarakat sekitar.

Usai melakukan penanaman pohon dan peninjauan desaAgrowisata Sugihan, Bupati Yes bersama Kapolres Lamongandan Dandim 0812 Lamongan melakukan peninjauanpenerapan PPKM mikro di Desa Tebluru KecamatanSolokuro.[AS]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *