Menggandeng Mahasiswa KKN 2021 Universitas Islam Darul ‘Ulum (Unisda) Lamongan, Menyala Institute Melahirkan Rumah Inspirasi Menyala.

Ragam349 views

Lamongan – Kolaborasi antara Menyala institute bersama Mahasiswa KKN Unisda Lamongan, melahirkan Rumah Inspirasi Menyala yang berlokasi di desa Kadung Rembug, Sukodadi, Lamongan.

Sebagai organisasi kepemudaan yang bergerak di bidang pendidikan, pelatihan, dan pengembangan pemuda, Menyala Institute berkomitmen untuk terus bergerak dalam menyalakan semangat belajar, berlatih, dan berkembang di desa, di pelosok negeri.

Minggu pagi (29/8), telah dilakukan Grand Opening Rumah Inspirasi Menyala yang dihadiri oleh semua Stakeholder yang ada di desa Kadung Rembug dan perwakilan Dosen Unisda Lamongan. Ambar selaku secretary Menyala Institute mengatakan dalam sambutannya, kolaborasi antara elemen masyarakat yang ada di desa dan kampus semoga mampu menghasilkan upaya- upaya inovatif untuk meningkatkan kualitas SDM yang ada.

Sebagai salah satu mahasiswa KKN sekaligus kordinator bidang pendidkan, Yusnia mengapresiasi adanya kolaborasi ini, berharap munculnyna benih-benih inspirator muda lokal yang tumbuh dan berkembang bersama, saling bersinergi dalam pengembangan bakat serta giat literasi anak-anak desa.

Kepala Desa Kadung Rembug Sunardi, sangat mendukung pendirian Rumah Inspirasi Menyala dengan memberikan izin, sekaligus sebuah ruangan yang sebelumnya merupakan ruang isolasi pasien covid-19 untuk dialih fungsikan sebagai Rumah Inspirasi Menyala.

“Sebagai bentuk peninggalan mahasiswa KKN, Rumah Inspirasi Menyala menjadi sebuah panggilan pihak kampus untuk selalu memantau keberlangsungan gerakan pengabdian di dalamnya,” terang Bayu, perwakilan dosen pembimbing KKN Unisda.

Dihubungi secara tepisah, Zika selaku director Menyala institute mengatakan bahwa Rumah Inspirasi Menyala merupakan ruang ber-ekspresi, belajar, dan berlatih masyarakat untuk mengembangkan potensinya. Selain itu beliau menambahkan bahwa tujuan utama dari kolaborasi ini sebagai jembatan untuk perguruan tinggi agar lebih memiliki dampak terhadap peningkatan indeks sumber daya manusia yang ada di Desa-desa. Kedepannya Rumah Inspirasi Menyala akan di didirikan juga di setiap Desa yang ada di kabupaten Lamongan Khususnya.

Kegiatan Grand Opening ini diakhiri dengan diskusi ringan bersama kak Nurul dari Forum Lingkar Pena Lamongan, sekaligus ramah tama bersama stakeholder yang nantinya sebagai penanggung jawab aktivitas rumah inspirasi menyala(**** MIT_Menyala Institute)*

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *