Pemerhati Sejarah Lamongan Temukan Situs Purbakala di Makam Desa Trosono

Liputan Khusus1,018 views

Lamongan,Kabar One.com-Temuan situs purbakala di Kabupaten Lamongan terus bermunculan. sebelumnya ada situs Pataan adalah peninggalan raja Airlangga.Kali ini Tim pemerhati Sejarah dari Lamongan melakukan penelitian di area makam Islam Desa Trosono, Kecamatan Sekaran Kabupaten Lamongan JawaTimur. Tempat penelitian di balai Desa Trosono di saksikan kades Sutrisno.

Ketua Tim pemerhati Lamongan Priyo mengatakan,” lokasi berada di tengah makam, padahal dulu ada dua benda yang kami yakini diduga berasal dari abad kerajaan mojopahit .

“kami akan coba membaca aksara di batu tersebut karena ada tulisan berupa sandi dari sebelum aksara Jawa kuna.tunggu hasil penelitian kami nanti kita kajian sejauh mana benda tersebut di era kerajaan yang jelas,” ujarnya.

Hal senada diungkapkan oleh Kades Trosono Sutrisno kepada awak media Kabar One.com Minggu,(18/12/2022) mengatakan,” di sini ada 6 macam yang di keramatkan.namun saya dulu sebelum jadi kades sudah mendengar bahwa desa Trosono ada sebuah benda situs.namun baru kali ini bersama mas Priyo saya di ajak kelokasi .benda situs ini kami amankan di balai Desa.saya minta ke Bupati Lamongan Peduli akan temuan di desa kami.ini adalah bagian dari sejarah. mohon di atensikan untuk tindak lanjuti.saya juga menghimbau ke warga bila di makam menemukan batu atau keramik zaman dulu bisa di laporkan ke pihak perangkat desa untuk di teliti oleh arkeolog yang berwenang,” ungkapnya ( Amin Santoso).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *