Muhammadiyah Peringati HKB 2023, Tingkatkan Kesadaran Risiko Bencana di Sekolah

Ragam58 views

LAMONGAN, kabarOne.com – Muhammadiyah Disaster Management Center (MDMC) peringati Hari Kesiapsiagaan Bencana 2023 dengan tingkatkan kesadaran risiko bencana di sekolah hari ini, dengan melaksanakan sarasehan Satuan Pendidikan Aman Bencana (SPAB) di Gedung Dakwah Muhammadiyah Pimpinan Cabang Muhammadiyah (PCM) Babat, Lamongan, Jawa Timur, dan gladi bersih bencana banjir di SMA 1 Muhammadiyah Babat Lamongan.

Peringatan HKB 2023 ini menjadi momen untuk mendorong upaya peningkatan kesadaran risiko bencana di tingkat sekolah.

Sarasehan SPAB di sekolah menjadi syiar dan kesuksesan Hari Kesiapsiagaan Bencana 2023 yang sangat menarik jika dikaitkan dengan akreditasi sekolah. Begitupun dengan gladi bersih bencana banjir yang dilaksanakan di sekolah Muhammadiyah.

Kedua kegiatan tersebut melibatkan 100 orang peserta dari siswa, tenaga pendidik, Organisasi Otonom (Ortom) Muhammadiyah. Dan ikut serta didalamnya unit sekolah seperti PMR, Ikatan Pelajar Muhammadiyah (IPM) dan Hizbul Wathan (HW).

Budi Setiawan, Ketua LRB MDMC PP Muhammadiyah menyampaikan tentang pentingnya kesiapan dan kesiapsiagaan bencana bagi semua warga dan Amal Usaha Muhammadiyah (AUM). “Salah satu tanda kesiapan dan kesiapsiagaannya adalah selalu berlatih dan menguji melalui simulasi kebencanaan maupun latihan lainnya,” kata Budi Setiawan.

HKB 2023, kata Budi, momen baik bagi semua relawan Muhammadiyah untuk menunjukkan pengetahuan dan ketrampilannya dalam usaha mengurangi risiko bencana.

Selain sarasehan yang hari ini diselenggarakan di Gedung Dakwah Muhammadiyah Babat, Semarak HKB 2023 juga diisi dengan kegiatan penanaman pohon di 5 kabupaten: Tuban, Lamongan, Bojonegoro, Gresik dan Ngawi.

Kegiatan lainnya, seperti disampaikan Rofii selaku Ketua MDMC PWM Jawa Timur, pada Selasa (16/5/2023) membuka dapur umum yang membagikan 1.000 porsi bakso dan mie goreng dalam acara puncak HKB di pendopo Kecamatan Karangbinangun, Lamongan. (Fan)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *