PT Arutmin Dekatkan Akses USG Untuk Ibu Hamil, Upaya Pencegahan Stunting

Daerah57 views

KOTABARU,kabarOne.com- Puluhan ibu hamil resiko tinggi yang berada di lingkup Puskesmas Tamianggeronggang dan Tanjung Batu mengikuti pemeriksaan Ultrasonografi (USG) bertempat di Puskesmas Tamianggeronggang, Kamis 19/10/2023.

Selain ini pemberian vitamin gratis serta obat-obatan sesuai dengan rekomendasi dokter spesialis untuk menunjang kesehatan ibu hamil dan janin yang dikandungnya dalam rangka program pencegahan bayi lahir Stunting juga di berikan.

Kegiatan ini melanjutkan program sebelumnya yang sudah dilaksanakan sebanyak tiga kali secara berturut-turut oleh PT Arutmin Indonesia Tambang Senakin bekerjasama dengan Dinkes Kotabaru melalui Puskesmas Tamianggeronggang dalam bentuk layanan pemeriksaan kesehatan ibu hamil dan USG gratis dari dokter spesialis kandungan, dr. Iskandar Musgamy, M.Kes., Sp.OG.

Sebelum kegiatan USG, 30 ibu hamil terlebih dulu dijelaskan kembali agar selalu diingat, diketahui tentang tanda bahaya bagi ibu hamil kemudian dilanjutkan dengan senam ibu hamil atau senam yoga yang dipandu oleh para bidan-bidan Desa yang ada di dua Puskesmas tersebut.

” Kegiatan ini dilakukan untuk membantu ibu hamil resiko tinggi yang sampai tahap ke 4 ini sudah ada 72 pasien ibu hamil resiko tinggi yang terlayani dalam memeriksakan kandungannya,” ujar Noor Firdaus Supervisor CD PT Arutmin Indonesia Tambang Senakin.

Selain itu untuk mendekatkan akses USG yang didiagnosa oleh dokter spesialis kandungan ke masyarakat yang membutuhkan dengan sistem jemput bola.

Lebih lanjut di ungkapkannya, karena daerah yang ada dalam wilayah kerja Tambang Senakin memiliki akses yang susah atau jauh untuk mendapatkan fasilitas pelayanan dari dokter spesialis kandungan.

” Dengan harapan agar bayi yang dikandungnya sampai lahir nanti dalam kondisi sehat, sehingga tercipta generasi penerus yang sehat, bugar, dan cerdas yang merupakan salah satu komponen dasar penting dalam pembangunan bangsa dan negara serta merupakan tolak ukur kemajuan suatu bangsa,” ungkapnya.

Kegiatan USG gratis ini merupakan salah satu program PPM Arutmin bagi Desa Desa di lingkar tambang, selain itu juga ketidakmampuan ekonomi yang mengakibatkan warga mengurungkan niatnya untuk memeriksakan kondisi kehamilannya, sehingga perlu sinergi antara Pemerintah dan pihak swasta serta masyarakat dalam membangun bangsa.

Kegiatan ini disambut antusiasme warga, salah seorang warga Desa Geronggang Rabiah mengaku sangat senang bisa memeriksakan kehamilannya secara gratis, Ia mengaku di usia kehamilan 31 Minggu baru bisa melakukan pemeriksaan USG.

“Semoga program ini terus berlanjut agar dapat membantu warga yang membutuhkan,” katanya usai pemeriksaan di Puskesmas Tamianggeronggang.(HRB)

By; Herpani

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *