14 Persen Target Presiden, Gerakan Intervensi Stunting Serentak Digelar

Daerah102 views

KOTABARU,kabarOne.com- Sekretaris Daerah Kotabaru Drs. H. Said Akhmad, MM mewakili Bupati Kotabaru melaunching Gerakan Pengukuran dan Intervensi Serentak Pencegahan Stunting Se- Kabupaten Kotabaru yang terpusat di Posyandu Melati Desa Batuah Kecamatan Pulau Laut Sigam Kabupaten Kotabaru, Rabu (12/06/2024).

Hadir, Sekretaris Daerah Kotabaru selaku Wakil Ketua I TPPS, Asisten dan Staf Ahli Bupati Kotabaru, SKPD Lingkup Kotabaru, Camat Pulau Laut Sigam dan Camat Pulau Laut Utara, Kepala Desa Batuah, Satgas Stunting BKKN Provinsi Kalimantan Selatan Perwakilan Kabupaten Kotabaru.

Sekretaris Daerah Kotabaru yang juga sebagai Wakil Ketua I TPPS (Tim Percepatan Penurunan Stunting) mengatakan, bahwa Pengukuran dan Intervensi Serentak Pencegahan Stunting yang akan dimulai pada Juni 2024 ini menandakan keseriusan Pemerintah untuk terus melakukan berbagai upaya pencegahan dan penanganan stunting.

“Saya berharap melalui kegiatan ini akan muncul rasa semangat dalam diri kita dan kompak bersatu untuk menurunkan angka stunting di Kabupaten Kotabaru, yang pada Tahun 2024 merupakan tahun yang sangat menentukan apakah Kabupaten Kotabaru dapat menurunkan stunting sebesar 14 persen sesuai dengan target yang ditentukan oleh Presiden Joko Widodo,” ungkapnya.

Gerakan Intervensi Serentak Pencegahan Stunting merupakan aksi gerakan melalui Pendataan, Penimbangan, Pengukuran, Edukasi, Validasi dan Intervensi bagi ibu hamil dan balita secara berkelanjutan, dimana tujuan akhir kegiatan ini adalah Penurunan Jumlah Balita Stunting Baru.

Kegiatan intervensi serentak ini bukan bertujuan menurunkan stunting secepat-cepatnya melainkan menjadikan awal perbaikan konvergensi bersama dan tingkat pencegahan preventif yang lebih masif.

“Untuk itu diperlukan peran aktif Tim Percepatan Penurunan Stunting (TPPS) baik di Tingkat Kabupaten, Kecamatan dan Desa dalam mengawal perencanaan, pelaksanaan hingga memantau dan mengevaluasi kegiatan,” jelasnya.

Sekretaris Daerah Kotabaru juga menambahkan, agar semua peserta dapat mengikuti kegiatan hari ini dengan baik, sehingga usaha kita bersama untuk menekan angka stunting di Bumi Saijaan dapat terwujud dengan baik.

Kegiatan ini juga dirangkai dengan Penyerahan bantuan kepada sasaran yang beresiko stunting, untuk Balita, Ibu Hamil dan Calon pengantin.(HRB)

By; Herpani

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *