Tabrakan Speedboat dan Klotok Tewaskan Petugas Kantor Kesehatan Pelabuhan

Daerah1,965 views

Kabarone.com, Kotabaru – Kecelakaaan laut antara Speedboat dengan Kapal Balapan disekitar Pelabuhan Panjang Kotabaru, menewaskan seorang Petugas Kantor Kesehatan Banjarmasin wilayah tugas Tanah Bumbu, Kamis (30/07/15).

Andi Syarif, Koordinator Kesehatan Pelabuhan Banjarmasin membenarkan telah terjadi kecelakaan laut, yaitu tabrakan antara Speedboat dengan kelotok kayu (kapal balap) yang menewaskan salah seorang Petugas Kantor Kesehatan Pelabuhan.

“Korban tewas bernama Heri Susanto. Sped boat dioperatori oleh Musa (34 rencananya akan mampir dulu ke Pelabuhan Kotabaru, untuk bersama-sama petugas lainnya (Adpel, Bea Cukai) menuju Tanjung Kemuning melakukan pemeriksaan kapal,” sebutnya.

Naas, sebelum sampai di Pelabuhan Kotabaru, sekira 100 meter dari Pelabuhan Kotabaru ada kelotok yang hendak menuju Desa Langadai. Karena mungkin terlindung kapal tongkang kayu (tempat berjualan minyak dilaut), tepat disamping kapal tongkang kayu itu, speed boat akhirnya bertabrakan dengan kelotok kayu tersebut.

“Dari informasi yang didapat dari petugas dilapangan, petugas kami tewas karena terbentur tepi speed boat. Sebelum terbentur, speed boat yang ditumpangi korban ditabrak kelotok, setelah ditabrak, speed boat menghantam kapal tongkang kayu jualan minyak yang tambat tidak jauh dari Kantor Pelabuhan,” jelas Hasanudin, Petugas Kantor Kesehatan Pelabuhan Wilayah Kotabaru.

AKP Sumari, Kasat Polairud Polres Kotabaru menjelaskan kronologis kejadian, pada Kamis sekitar jam 8.30 Wit, perahu balapan yang dikemudikan Syamsudin (50), warga Desa Langadai dengan berpenumpang 4 orang dari Pasar Ikan hendak menuju Langadai, menabrak speed boat dari arah Batulicin menuju Pelabuhan Kotabaru.

“Speed boat ditabrak dibagian lambung sebelah kanan. Akibatnya, seorang penumpang speed tewas di tempat. Sedangkan operator speed boat menderita luka memar di bahu kanan, dan dalam proses pemeriksaan kami,” ujarnya.

Pantauan di RSUD Kotabaru, Heri Susanto, korban tewas sudah dibersihkan di kamar mayat RSUD Kotabaru. Sedangkan operator speed, Musa, sudah mendapatkan perawatan diruang bedah RSUD Kotabaru.

“Setelah korban tewas dibersihkan, selanjutnya dibawa ke Banjarmasin dan akan diterbangkan ke Temanggung Jogja Jawa Tengah. Petugas kita ini memang berasal dari sana,” pungkas Andi Syarif.(M12)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *