Perlakukan Warga Semena-mena, Masyarakat Tuntut Bupati Nias Copot Kadis Dukcapil

Kabarone , Nias induk  – Forum Peduli Kepulauan Nias ( FOR-PEDAS ) melakukan aksi unjuk rasa di halaman Kantor Bupati Nias di JL. Pelud binaka KM. 9 Desa Ononamolo 1 lot, Kecamatan Gunungsitoli Selatan, Kamis ( 03/03 ), dan diterima oleh Asisten Pemerintahan dan Kesra Setda Kabupaten Nias Maimun Zebua, BA dan didampingi oleh Asisten Perekonomian dan Pembangunan A. Darwis Zendrato, S.Sos dan Asisten Administrasi Umum Setda Kabupaten Nias Drs. Yosafati Waruwu.

Aksi demo yang di pimpin oleh Soni Lahagu dan Yasamoni Gulo yang berjumlah kurang lebih 15 org, dalam orasinya menyampaikan kekecewaannnya kepada Pemerintah Kabupaten Nias atas pelayanan yang dilakukan oleh Dinas Kependudukan dan Capil Kabupaten Nias yang telah mencederai hati masyarakat Kabupaten Nias.

Lebih lanjut Soni Lahagu dalam orasinya menyampaikan bahwa salah satu Pegawai Dinas Kependudukan Kabupaten Nias, telah melakukan tindakan yang semena-mena terhadap masyarakat atas pelayanan yang tidak berdasarkan prinsip pelayanan yaitu, sederhana, jelas, kepastian waktu, akurasi, keamanan dan tanggung jawab, kelengkapan sarana dan prasarana, kemudahan akses, kedisplinan, kesopanan dan keramahan, dan kenyamanan. Hal ini, ungkap Soni lahagu, dialaminya sendiri dimana pada saat dirinya mengurus Kartu Keluarga dan KTP merasa tidak dipedulikan, dan adanya pilih kasih alias tidak adil (Tebang Pilih).

Dalam pernyataan sikap yang disampaikan oleh FOR-PEDAS, menuntut kepada Pemerintah Kabupaten Nias dalam hal ini Bupati menindak Pegawai yang semena-mena terhadap masyarakat Kabupaten Nias dan menuntut agar Kepala Dinas Kependudukan Kabupaten Nias di copot dari jabatannya.

Aksi demo yang berlangsung kurang lebih 1 jam tersebut berlangsung aman dan terkendali, hal itu tidak terlepas dari dukungan Polres Nias yang telah mengawal dari awal hingga akhir aksi demo tersebut dan juga didukung oleh Satpol PP Kabupaten Nias.

Setelah menyampaikan orasinya pendemo tersebut diterima oleh Asisten Pemerintahan dan Kesra Setda Kabupaten Nias MAIMUN ZEBUA, BA dan berjanji aspirasi yang disampaikan dilaporkan kepada Bapak Bupati, dan selanjutnya akan diteliti kebenaran informasi yang disampaikan. ( Fr.lature )

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *