Wakil Bupati Konsel, Pimpin Penilaian Lomba Desa

Daerah, Regional1,367 views

Kabarone.com, Konawe Selatan – Lomba Desa Se-Kabupaten Konawe Selatan Tahun 2015 berdasarkan Permendagri No.81 Tahun 2015 kembali digelar.  Lomba Desa yang dimulai sejak 14 Maret – 29 Maret 2016 ini diikuti oleh seluruh desa se-Kabupaten Konawe Selatan. Untuk wilayah Kecamatan Wolasi jumlah tujuh desa, dan desa Wolasi sebagai perwakilan kec. Wolasi.

“Lomba Desa ini merupakan suatu kegiatan yang sudah diatur dalam Permendagri No.81 tahun 2015 dimana setiap desa diwajibkan ikut lomba,” kata DR Arsalim, SE, M.Si Wakil Bupati Konawe Selatan, saat memberikan sambutannya pada pertemuan dengan para kepala desa dan ibu PKK serta masyarakat Kec. Wolasi Konawe Selatan, Sulawesi Tenggara, Kamis.

Menurut Arsalim, kegiatan lomba Desa tingkat Kabupaten Konsel ini bertujuan untuk meningkatkan tingkat kepedulian masyarakat, pelayanan pemerintahan serta pemberdayaan para Ibu PKK, Sarana Prasarana desa.

 

‎Wabup Konsel itu juga mengungkapkan bahwa, untuk alokasi desa akan ditingkatkan menjadi Rp. 21 Miliar, sehingga minimal Rp.3 juta honor aparat desa dan tunjangannya sebesar Rp.500 ribu.

“Maka dalam satu bulan Kades akan menerima honor sebesar Rp.3.500.000, lebih besar dari gaji PNS gol III A. Itupun masih ditambah dari BOPDES Biaya Operasiona Desa. Karena kepala desa selama 24 jam melayani masyarakat maka perlu diberikan tunjangan,” ucap Arsalim dihadapan para Kepala Desa sekecamatan Wolasi, di Aula Desa Wolasi, Konsel.

Dalam kesempatan itu Arsalim mengajak masyarakat ‎untuk sama-sama membangun desa. “Sama-sama kita mengawasi Kepala Desa, laporan akan dilakukan dengan cara Sistim On Line. Kemudian saya juga berharap agar para kepala desa jangan lagi setelah menerima Gaji, Honor dan BOPDESA malah buat kekeliruan,” tegasnya.

Arsalim menambahkan, ‎untuk Pilkades serentak akan laksanakan pada awal April 2016 ini dan untuk pencairan ADD akan digunakan dua terment, 60 persen dan 40 persen, pembentukan desa terpadu, peningkatan kesejahteraan aparat desa sampai kepada Kepala RT, jelasnya.

Hadir pula pada kegiatan tersebut, Kepala BPMD Konsel, Saifullah,SE.M.Si, camat Wolasi, Para kepala desa dan ibu PKK, tokoh masyarakat. Setelah kegiatan ini dilaksanakan dilanjutkan dengan penilaian lomba desa, kec.Wolasi yang dipimpin langsung Wabup Konsel DR.Arsalim,SE.M.Si. (Andi Jumawi)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *