Optimalkan Penyerapan Gabah Petani, Kodim Lamongan Dirikan Posko Sergap

Ekonomi639 views

Kabarone.com, Lamongan – Upaya dalam mengoptimalkan swasembada pangan nasional khususnya di Kabupaten Lamongan, dan peningkatan penyerapan beras Bulog terhadap hasil panen petani. Hal ini dilaksanakan untuk mengetahui penyerapan gabah dari hasil panen para petani terutama gabah dan Beras yang telah dilakukan oleh Bulog.

“Dalam upaya memenuhi target Bulog Kabupaten Lamongan yang telah ditentuhkan Pemerintah, Kodim 0812 Lamongan bekerjasama dengan Bulog yang berada di Kabupaten Lamongan merapatkan barisan sepakat untuk mendirikan Posko Sergap (Serapan Gabah Petani) di lingkup Gudang Bulog, yang berada di Jalan Raya Babat-Jombang Kecamatan Babat.

Posko Sergap ini bertujuan untuk memantau dan membantu Bulog dalam rangka meningkatkan daya serap terhadap hasil panen petani Kabupaten Lamongan.

Keberadaan Posko Sergap tidak bisa maksimal tanpa dukungan penuh dari para petani Kab. Lamongan hal ini disebabkan Kurangnya pemahaman petani dalam mendukung secara total dalam kedaulatan pangan Nasional merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi kemampuan Bulog dalam penyerapan hasil panen. Gencarnya pengaruh tengkulak dalam pengendalian harga hasil panen membuat sebagian petani menjual hasil panennya kepada tengkulak.

Ditegaskan oleh Dandim 0812 Lamongan Letkol Inf Sutrisno Pujiono,S,E.M,M, Dengan kondisi seperti sekarang ini, diharapkan para pemilik penggilingan padi, pedagang beras serta petani itu sendiri sebisa mungkin untuk menjual beras ke Bulog, ini guna memenuhi stok cadangan beras secara Nasional,” tegasnya.
Ditambahkan oleh Dandim Sergap ini  adalah untuk menyukseskan program swasembada pangan. Dengan adanya Posko Sergap, diharapkan penyerapan gabah, ataupun beras dari petani oleh Bulog bisa sesuai target,”tegas Dandim,(pul).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *