Pembukaan Pra TMMD Ke- 104 Kodim 0812, Diwarnai Gema Pemukulan Gong

Hankam680 views

Kabarone.com,Lamongan – Kegiatan Pra TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke 104 tahun 2019 Ke- 104 Kodim 0812 Lamongan dengan ditandai gema pemukulan Gong oleh Bupati Lamongan H. Fadeli dengan di dampingi Komandan Kodim 0812 Letkol. Arh. Sukma Yudha Wibawa dan Kapolres Lamongan AKBP. Febby DP. Hutagalung. Kegiatan Pra TMMD Ke- 104 ini dilaksanakan tepatnya di Desa Kelorarum Kecamatan Tikung Lamongan Jawa Timur. Senin (21/01/19).

Sementara, Sucipto Kepala Desa (Kades) Kelorarum menyampaikan”, Ucapan selamat datang kepada Bapak Bupati dan Ibu Mahdumah Fadeli beserta rombongan atas kedatangannya semoga dapat memacu semangat masyarakat Desa Kelorarum untuk mensukseskan program pemerintah. ” Kami mewakili warga Desa Kelorarum sangat berterima kasih atas terpilihnya Desa Kelorarum menjadi tempat sasaran TMMD yang selama ini sangat kami tunggu-tunggu”, ujarnya.

Dandim 0812 Letkol. Arh. Sukma Yudha Wibawa dalam sambutanya menyampaikan”, Pra TMMD merupakan program terpadu yang melibatkan unsur TNI, Kementerian, Lembaga Pemerintah Non Kementerian serta Pemerintah Daerah, dalam membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat, memantapkan wawasan kebangsaan serta membangun persatuan dan kesatuan bangsa dalam rangka menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia. “Tujuan Program TMMD merupakan program lintas sektoral yang mengakomodasikan aspirasi masyarakat, terutama masyarakat pedesaan yang betul-betul membutuhkan bantuan,” ungkap Dandim 0812 Lamongan.

Ditambahkan oleh Dandim 0812, program Pra TMMD ini dirancang melalui mekanisme perencanaan yang berorientasi dari bawah (bottom up planning). Yaitu dari desa yang disebut Rembug Desa, kemudian dilengkapi pada rapat ditingkat Kecamatan, lalu dibahas ditingkat Kabupaten untuk kemudian diprogramkan pada TNI Manunggal Membangun Desa.

“Target kegiatan Pra TMMD ini adalah 60 s/d 70 persen untuk sisanya akan dilanjutkan pada Program TMMD kedepan. Dengan sasaran Pokok pembangunan. Pasar 12 Petak, Sasaran Fisik Rabat jalan dengan panjang 858 Meter x Lebar 4 Meter x Tinggi 0,20 Meter. Selain itu, ada obyek Tambahan mulai dari Normalisasi Saluran Irigasi 1000 Meter, lapangan Volly, Bedah Rumah 25 Unit”, tambahnya.

“Dalam Pra TMMD ini akan dilaksanakan sekitar 30 hari kedepan kemudian untuk selanjutnya sekitar satu atau dua bulan kemudian kita akan lanjutkan dengan melaksanakan program TMMD. ” Kita tahu hambatan pasti ada khususnya cuaca yang saat ini masuk musim hujan sehingga bisa mengganggu jalannya pembangunan. ” Kami berterima kasih kepada Pimpinan Daerah, warga masyarakat dan seluruh komponen masyarakat yang sudah membantu berjalannya kegiatan ini. Partisipasi masyarakat sangat diperlukan guna mencapai hasil yang sudah ditentukan “, tandasnya.

Hadir dalam kegiatan ini,” H. Fadeli, Bupati Lamongan beserta Ibu, Letkol. Arh. Sukma Yudha Wibawa Dandim 0812 Lamongan beserta Ibu. AKBP Febby D.P, Hutagalung Kapolres Lamongan beserta Ibu, Hj. Kartika Hidayati Wabup Kab. Lamongan, Dr. Yuhronur Efendi Sekda Kabuapten Lamongan beserta Ibu, Mayor Inf. Komang Dharma Laksamana, S.T Pasi Bakti TNI Ster Rem 082/CPYJ, Muspika Kecamatan Tikung, Muspika Kecamatan Kembangbahu, Muspika Kecamatan Sarirejo, Sucipto Kades Kelorarum beserta perangkat desanya dan masyarakat.

Pada akhir acara dilanjutkan pemberian santunan kepada Anak Yatim dan Fakir Miskin, kemudian penyerahan secara simbolis peralatan kerja oleh H. Fadeli, Bupati Lamongan yang didampingi oleh Letkol. Arh. Sukma Yudha Wibawa Dandim 0812 Lamongan kepada anggota TNI dan warga masyarakat”, pungkasnya (*).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *