Amankan Pemilu 2019, Polri Siap Terjunkan 23 000 Personel

Hankam400 views

Kabarone.com, SEMARANG – Kapolda Jawa Tengah Irjen Pol Condro Kirono dan Pangdam IV / Diponegoro Mayjen TNI Mochamad Effendi memimpin apel gelar pasukan pengamanan Pemilu 2019 di lapangan Pancasila Simpang Lima Semarang, Jum’at pagi (22/3/2019).

Pada kesempatan itu, Kapolda membacakan amanat tertulis Menkopolhukam RI, dimana suksesnya pelaksanaan pemilu 2019 tidak hanya bergantung pada TNI dan Polri akan tetapi peran serta semua elemen atau seluruh masyarakat.

Condro menyampaikan salah satu tahapan pemilu 2019 yang menjadi perhatian pengamanan adalah tahapan kampanye rapat umum.

“Dalam kampanye rapat umum ini para peserta Pemilu boleh memobilisasi masa di lapangan-lapangan. jadwalnya sudah diatur yakni dua hari sekali dan akan dimulai hari Minggu tanggal 24 Maret 2019. Karenanya setiap ada even yang besar, kita akan konsolidasi dengan melaksanakan apel kesiapan untuk siap diterjunkan dalam pengamanan,” terang Condro

Dijelaskannya, untuk mengamankan Pemilu 2019 ini Polri akan menerjunkan 23.000 lebih personelnya serta mendapatkan perkuatan dari TNI sejumlah 12.000 lebih personel. Sedangkan dari Pemprov Jateng akan menyiapkan Linmas sejumlah 2 personel disetiap TPS.

“Jateng ini termasuk dalam kategori wilayah yang aman, namun TNI Polri dan Pemprov tidak underestimate dalam mengamankan Pemilu 2019 ini, tetap kita fokus pada SOP pengamanan”, tegas Kapolda Jateng.

Dalam Apel gelar pasukan ini juga dilaksanakan pembacaan ikrar Deklarasi yang diikuti oleh TNI, Polri, ASN dan Potensi Masyarakat serta peserta Pemilu 2019 untuk menyukseskan Pemilu yang akan digelar 17 April 2019 mendatang.

Tak hanya ribuan personil Polri , apel ini juga diikuti oleh TNI, Satpol PP, Linmas serta potensi Masyarat lainnya. (Amr)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *