Genjot Produksi Pertanian, Syarif Abdullah Alkadrie Dorong BMKG Gelar SLI di Kalbar

Nasional343 views
JAKARTA,kabarone.com – Sekolah Lapang Iklim (SLI) merupakan program kerja yang dilaksanakan Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG). Program SLI bertujuan untuk membantu meningkatkan pemahaman mengenai informasi iklim dan kemampuan antisipasi dampak gejala iklim ekstrim terhadap kegiatan pertanian bagi para petugas di lingkungan dinas pertainan, penyuluh, petani dan nelayan.
Wakil Ketua Komisi V DPR-RI, Syarif Abdullah Alkadrie dalam Rapat Dengar Pendapat (RDP) bersama BMKG, Basarnas, dan Bapel-BPWS di ruang rapat Komisi V Senayan, menjelaskan pentingnya SLI untuk membantu masyarakat dalam memulai bercocok tanam.
“Kegiatan Sekolah Lapang Iklim ini sangat membantu petani dan nelayan dalam informasi cuaca dan antisipasi terhadap cuaca ektrim, dengan pengetahuan ini, masyarakat dapat mengetahui kapan saat yang tepat untuk mulai bercocok tanam dan tanaman seperti apa yang sebaiknya akan ditanam,” jelas Wakil Ketua Komisi V DPR RI, Syarif Abdullah Alkadrie, saat memimpin RDP di Gedung Parlemen Senayan Jakarta, Senin (18/11).
Syarif menekankan bahwa iklim memiliki peran yang sangat penting dalam proses kegiatan pertanian dan nelayan. Perubahan iklim yang ekstrim sangat berdampak buruk bagi produktifitas pertanian dan nelayan. “Sekarang iklim semakin sulit diprediksi, sering terjadi iklim ekstrim. Kalau tidak dikelola dengan baik, petani dan nelayan yang akan kena duluan, misal ketika musim kering tapi petani tetap tanam maka akan rugi dan gagal panen”, tegasnya.
Di sekolah SLI ini, menurutnya, petani akan dilatih membaca informasi yang rutin diberikan oleh BMKG. Misalnya, informasi terkait prakiraan musim hujan dan kemarau, evaluasi dan prakiraan hujan bulanan kemudian diterapkan dalam menyusun kalender tanam.
“Sekolah Lapang Iklim ini sangat penting bagi masyarakat Kalbar. Petani bisa membaca data dari BMKG untuk menghindari gagal panen,” pungkasnya (*).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *