Zumrotus Solikah : Pemda Diminta serius membina para Pembatik di Kota Kediri

Ragam340 views

Kediri,Kabarone.com-
Nama Kediri biasanya masyarakat Jawa Timur dikenal dengan sebutan Kota Tahu ,namun di balik sebutan tersebut ternyata Kediri juga memiliki potensi kerajinan khas yang berada di Desa Mrican, Kecamatan Mojoroto, Kabupaten Kediri.sebuah bangunan strategis Dekat Pabrik Gula mrican tepatnya samping Kantor Pos jln.Gatot Subroto no 181 Mojokerto Kabupaten Kediri.

Ketika saya masuk ke rumah salah satu perajin Batik, dan dipersilakan oleh seorang wanita, terlihat suasana bahwa tempat itu menjadi lokasi industri batik tulis. Di salah satu sudut ruangan terdapat beberapa kain batik. Bermacam-macam coraknya antara lain,Sekartaji dan gumol warna coklat tracoca.

Sosok wanita beranak dua yang berasal dari Kota Soto lamongan ini tidak punya latar belakang khusus tentang Batik. Dia juga tidak pernah belajar dari orang secara detail. Dia terjun ke industri batik terdorong oleh hasrat ingin memahami maha karya Batik daerah Kediri.walaupun dari kota kelahiran beliau Lamongan sudah ada kerajinan Batik Sendang.Zumrotus Solikah biasa di panggil istri salah Satu Aparat Sipil Negara( ASN) yang bekerja di Lapas Dua Kediri ini dalam wawancara bersama Tim Wartawan Kabarone.com Selasa,(31/3) menceritakan,”

saya tertarik usaha Batik Kediri yaitu pada saat saya melihat hasil karya temannya di saat mengikuti kegiatan di Pemda Kediri bersama para istri anggota ASN Lapas,dari situlah muncul inspirasi untuk dapat menekuni usaha batik. Kemudian,kami mencoba membuat desain Batik dan menekuninya.segala persyaratan sudah kami lalui untuk mendaftar sebagai pelaku UMKM sekarang dalam proses Haki di Dirjen kekayaan dan intelektual untuk hak Paten.Saya dirikan usaha batik di th 2017,tenaga kerja saya dibantu dua orang,Tujuan saya supaya mengangkat derah asal dan biar tidak punah batik kediri,

Saya berharap pemerintah Kediri memberi kelanjutan serta pemberdayaan baik pemasaran maupun segi permodalan supaya kediri punya ikon batik tersendiri,harapan beliau yakni dengan adanya usaha kerajinan batik kediri supaya bisa terangkatnya sejarah kediri yg dulunya ada dan semoga saja bisa terangkatnya Warisan budaya bangsa dari kota kediri,”tuturnya (As).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *