KETUA STAI DENPASAR BALI: PMB Masa Pandemi Covid-19, Ibarat Berselancar dalam Badai

Nasional695 views

Denpasar, Kabarone.com – Dalam masa pandemi Covid-19 ini, banyak lembaga berbagai sektor kegiatan masyarakat yang “terdampak”, sehingga para pimpinannya harus berkreasi lakukan disrupsi, agar lembaga yang dinahkodainya tetap bisa eksis di tengah -tengah pelaksanaan social/physical distancing, juga Work From Home (WFH).

Demikian pula halnya pada sektor pendidikan, seperti kampus. Para pimpinan kampus saat ini telah melakukan perubahan seperti dalam model perkuliahan, rapat koordinasi, serta kegiatan-kegiatan lainnya. Dari model manual seperti pertemuan tatap muka langsung menjadi lebih diarahkan ke interaksi berbasis platform digital, seperti dengan video teleconference, dan sebagainya.

Jumari Ketua Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Denpasar Bali menyampaikan, “Situasi saat ini, ibarat mengarungi lautan yang sedang dilanda badai. Agar bisa sampai pada tujuan setiap program kampus yang sudah diagendakan, maka Ketua STAI Denpasar Bali harus mampu dan lihai berselancar dalam badai ini, termasuk pada agenda Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) tahun akademik 2020/2021 yang beriringan waktunya dengan masa pandemi Covid-19 ini.”

Kampus berlambang bintang sembilan yang berdiri sejak tahun 2008, selama ini telah berhasil menyatukan semua kekuatan golongan umat Islam, utamanya demi aksesibilitas pendidikan tinggi bagi semua kalangan dengan ragam status sosial dan budayanya, termasuk umat Islam dari luar Bali.

Jumari Ketua STAI Denpasar Bali menyampaikan, “Sivitas Akademika kampus ini bagaikan pelangi, yakni terdiri dari berbagai golongan umat Islam, baik Nahdliyin maupun Muhammadiyah, dan yang lainnya. Juga berasal dari berbagai suku dan daerah termasuk luar Bali, seperti: Madura, Jawa, Lombok, Sasak, Sumbawa, dan Bojo, serta daerah-daerah luar bali lainnya.

Pada masa PMB tahun akademik 2020/2021, kampus yang beralamat di
Jl. Angsoka Cargo Permai I/12 Ubung Denpasar ini tetap menempuh dua jalur, sebagaimana penjelasan Jumari,
“Meski dibuka melalui jalur udara (online penuh) dalam rangka mendukung upaya pencegahan persebaran Covid-19, PMB juga tetap dibuka melalui jalur darat (pelayanan secara fisik di kampus dengan protokol pencegahan Covi-19). Ini dilakukan demi aksesibilitas bagi kalangan masyarakat yang merasa masih kurang nyaman dalam menggunakan platform digital.”

Jalur darat dibuka setiap hari kerja, pukul 09.00-14.00 WITA. Sementara jalur udara seluruh prosesnya melalui online, dengan 6 langkah: (1) buka dan daftar melalui https://staidenpasar.ac.id, (2) bayar biaya daftar, (3) isi form pendaftaran, (4) upload pasphoto, (5) upload ijazah/SKL, dan (6) simpan bukti daftar.

Ada 3 pilihan program studi S-1 di kampus ini, yakni; (1) Ekonomi Syariah, (2) Manajemen Pendidikan Islam, dan (4) Pendidikan Agama Islam. PMB Gelombang I, dibuka tanggal
20 April – 30 Mei 2020. Gelombang II, tanggal
8 Juni – 8 Agustus 2020.

Jumari juga menyampaikan, “Untuk mahasiswa tahun akademik 2020/2021, selain tersedia program Beasiswa sebagaimana selama ini, juga disiapkan Kelas Reguler (fresh graduate) dan Ekstensi (kelas pegawai/karyawan/pebisnis), Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka mengacu pada Permendikbud Nomor 3 tahun 2020 tentang SNPT, program Konversi yakni penyelarasan/penyetaraan nilai beberapa matakuliah dalam transkrip mahasiswa lulusan S-1 maupun program diploma prodi lain.

Calon mahasiswa harus memenuhi persyaratan, baik administrasi maupun biaya. Persyaratan administrasi meliputi; (1) mengisi form pendaftaran, (2) melampirkan 3 lembar legalisir fotocopy ijazah/1 lembar aseli SKL, (4) melampirkan 1 lembar fotocopy KK, (5) melampirkan masing-masing 5 lembar pasphoto 2×3 dan 3×4, dan (6) melampirkan bukti pembayaran daftar.

Jumari menambahkan, “Biaya PMB permulaan adalah uang pendaftaran, 300.000.- Setelah dinyatakan LULUS TES MASUK, mahasiswa wajib melakukan herregistrasi dengan melunasi: (1) Infaq/DPP PT Gelombang Pertama 1.500.000,- Gelombang Kedua 1.800.000,- (2) SPP September 2020 sebesar 400.000,- (3) PKKMB/OPAK 300.000,-, (4) Kartu NIM/NIRM 250.000,- dan (5) Jas Almamater 300.000,-

“Para calon mahasiswa maupun masyarakat luas lainnya, bisa mendapatkan informasi PMB selengkapnya di sekretariat/kampus atau di https://staidenpasar.ic.id. Dan yang lebih penting lagi adalah segera daftar dan bergabung dengan kampus yang dinahkodai oleh seorang ketua/rektor, yang mengibaratkan diri sedang berselancar dalam badai ini”, demikian kelakar pemungkas Jumari. (As)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *