Destinasi Wisata Goa Lowo Jadi Perhatian Khusus Indocement Dengan Memfasilitasi Bimtek Pokdarwis

Daerah359 views

KOTABARU,kabarone.com – PT. Indocement Tunggal Prakarsa, Tbk Plant Tarjun merupakan perusahaan produsen semen Tiga Roda yang sudah banyak melaksanakan berbagai kegiatan, baik yang berhubungan dengan masyarakat juga pembangunan infrastruktur bagi kemajuan.

Salah satu yang menjadi perhatian Indocement kali ini adalah membantu pengembangan destinasi wisata Goa Lowo yang ada di Desa Tegalrejo Kecamatan Kelumpang Hilir Kabupaten Kotabaru.

Goa Lowo yang secara geografis sangat mudah untuk diakses hanya sekitar 500 meter dari jalan raya utama Kecamatan Kelumpang Hilir, kini menjadi perhatian oleh para pelancong.

Dengan berbagai fasilitas yang telah disediakan seperti sarana bermain anak, outbond, kolam renang dan kebun buah yang masih dalam tahap pembangunan, dan masih banyak lagi hal lainnya yang mampu menjadi magnet bagi masyarakat.

Sekedar diketahui bersama, dengan bantuan yang disalurkan oleh Indocement untuk pengembangan Goa Lowo dimasa sekarang telah menjadi daya tarik tersendiri, dan itu terbukti dari kunjungan masyarakat dari berbagai daerah.

Melihat situasi tersebut, Indocement menilai potensi Goa Lowo sangat baik untuk dikembangkan, oleh karenanya, melalui program CSR nya Indocement menyalurkan bantuan sebagai wujud kepedulian nyata dalam hal pengembangan seperti halnya memberikan bantuan semen dan bukan hanya itu saja, perusahaan juga memfasilitasi kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) yang ditujukan untuk Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Citra Pesona, Rabu 19/08/2020.

Management Indocement melalui tim CSR, Agus Rifani menjelaskan, bahwa perusahaan melihat potensi wisata Goa Lowo sangat menjanjikan untuk dikembangkan dan diharapkan mampu mendatangkan pendapatan yang bukan hanya bagi daerah saja melainkan juga kepada masyarakat sekitar.

Goa Lowo tentu sangat bisa dijadikan sebagai salah satu wisata andalan dan menambah objek wisata di Kabupaten Kotabaru. Oleh karenanya, kami dari perusahaan tentu akan mendorong kemajuan pembangunan tersebut, paparnya.

Selain itu, sambungnya lagi, melalui pelatihan yang menjadi target utamanya adalah Pokdarwis Citra Pesona yang berada dibawah naungan Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) Pesona Rejo Jaya tentu diharapkan akan bisa melaksanakan pengelolaan dengan baik.

Perusahaan melihatnya, mereka sangat siap untuk melakukan pengelolaannya dan itu merupakan kemajuan bagi daerah yang secara tidak langsung untuk peningkatan sumber daya manusia, jelasnya kemudian.

Dikatakannya lebih jauh, Indocement melalui program CSR nya banyak memiliki program yang berkenaan dengan pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM). Dengan begitu, hal tersebut menjadi modal awal yang sangat bagus, dan pelatihan yang digelar bekerjasama dengan Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Kotabaru beserta dengan Bumdes.

Intinya, dengan pengelolaan yang baik maka kemajuan pembangunan pun akan diraih sebagaimana harapan, dan melalui Pokdarwis akan mampu mengelola secara berkelanjutan.

Pesan kami, mesti tetap menjaga kelestarian lingkungan, satu halnya adalah pelaksanaan Bimtek yang dilaksanakan tetap mengendepankan protokol kesehatan karena di masa pandemi Covid-19 mesti ikut berperan andil dalam upaya memutus mata rantai penyebaran virus, tambahnya.

Rangkaian kegiatan tersebut selain Bimtek, juga direncanakan akan menggelar pelatihan keselamatan oleh tim safety Indocement pada Jumat 21/08/2020 besok, kemudian Selasa tanggal 25 Agustus akan digelar kembali pelatihan yang berkenaan dengan pengelolaan lingkungan yang mendatangkan narasumber dari Fakultas Kehutanan Universitas Lambung Mangkurat.

Sementara Camat Kelumpang Hilir, Johanuddin menilai dengan pelatihan yang digelar yang diprakarsai oleh PT. Indocement Tunggal Prakarsa dan bekerjasama dengan instansi terkait sangat baik sekali dan pihaknya tentu mendukung pengembangan potensi wisata didaerahnya tersebut.

Terimakasih kepada Indocement yang telah menyelenggarakan Bimtek untuk Pokdarwis, hal itu tentu dalam rangka pengembangan SDM, juga mendukung program pemerintah sebagaimana visi-misi Bupati yang salah satunya adalah peningkatan sektor kepariwisataan, katanya.

Pada kesempatan yang sama, mewakili Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Kotabaru, Zulhan Fatoni mengatakan, pihaknya sangat apresiasi atas pelaksanaan Bimtek untuk Pokdarwis dalam hal pengelolaan Goa Lowo.

Pelatihan ini pastinya memberikan dampak positif bagi daerah setempat. Namun juga kepada masyarakat sekitar dalam upaya peningkatan kesejahteraan masyarakat sekitar, imbuhnya.

Disamping itu, menjadi harapan bersama potensi Goa Lowo kedepannya akan semakin ditingkatkan dan itu menjadi salah satu upaya yang sangat baik sekali, kepada Indocement kami mengucapkan terimakasih karena telah mendukung kemajuan pembangunan dari sektor wisata. Sekali lagi, Goa Lowo harus menjadi salah satu wisata andalan di daerah ini sebagaimana harapan kita bersama, tegasnya.

Ditengah kegiatan Bimtek juga dilakukan penyerahan bantuan oleh management Indocement berupa rambu-rambu penunjuk jalan dan lainnya, yang diterima secara langsung oleh Bumdes dan disaksikan oleh Camat Kelumpang Hilir.(Hrp)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *