Seminar Lintas Iman: Perkuat Solidaritas Lintas Iman Untuk Memperkokoh Ideologi Bangsa

Daerah407 views

LAMONGAN- Hambatan komunikasi lintas iman menjadi permasalahan besar dalam isu intoleransi di Indonesia, karenanya diperluhkan ruang dialog lintas iman sebagai upaya membangun persaudaraan di tengah tengah masyarakat yang multireligius dan multikultur.

Institut Agama Islam Tarbiyatut Tholabah (IAI TABAH) Lamongan berkerja sama dengan UEM Asia menyelenggarakan seminar lintas iman dengan tema “Kontribusi Lintas Iman Dalam Memperkokoh Ideologi Bangsa” Sabtu, 12 Juni di Aula El Musthofa Meeting Hall IAI TABAH Lamongan Jawa Timur.

Moh. Khoirul Fatih, M. Ag Ketua Panitia Seminar menyampaikan bahwa di tengah kehidupan masyarakat Indonesia yang majemuk diperluhkan membuka ruang dialog dengan tujuan agar saling mengenal, tumbuh sikap saling menghargai dan tepasarira. Maraknya kasus kasus intoleransi yang mengatasnamakan agama perluh direspon secara serius oleh tokoh tokoh lintas iman dengan cara melaksanakan dialog keagamaan sebagai upaya merawat Indonesia dan menepis isu isu kekerasan atas nama agama.

Dr. Alimul Muniroh, M.Ed Rektor IAI TABAH Lamongan menyampaikan dalam pidatonya bahwa seminar lintas iman ini terselenggara karena kerjasama baik antara kampus IAI TABAH dengan UEM Asia yang keduanya memiliki program yang sama yakni menjadi agen perdamaian bagi Indonesia. Melalui seminar lintas iman ini kami ingin memberikan kontribusi kepada Negara untuk turut serta menjaga kerukunan umat beragama dan berkokoh ideologi bangsa.

Empat pilar bangsa yakni Pancasila, Bhinneka Tunggal Ika, UUD 1945, dan NKRI merupakan dasar Negara yang sudah final dan tidak dapat ditawar lagi. Oleh karenanya kami Institut Agama Islam Tarbiyatut Tholabah (IAI TABAH) Lamongan memiliki keinginan kuat untuk memperkuat prisnsip Hubbul Wathon Minal Iman. Kedepan IAI TABAH Lamongan akan selalu membuka diri dan melaksanakan penelitian dan seminar yang beriorientasi pada nilai nilai moderasi beragama. tegas. Alimul Muniroh.

Pdt Petrus Sugito, M.Th.I Ketua UEM Asia menyampaikan bahwa kami pada dasarnya memiliki banyak program salah satunya adalah seminar lintas iman. Tujuannya agar kita umat beragama yang hidup di Indonesia ini dapat saling melakukan komunikasi secara baik dan menumbuhkan sikap toleransi di antara umat beragama yang plural. Melalui seminar ini nantinya dapat menjadi jalan bagi umat muslim, Kristen, Buddha, Hindu, dan Khonghucu untuk saling membuka diri dan berusaha mencari titik temu agar tercipta harmoni nasional dan bisa bersama sama mendukung program pembangunan Negara.

Kegiatan seminar ini dihadiri oleh Dr. Yuhronur Efendi, M.BA (Bupati Lamongan), Prof Akh Muzakki, M. Ag, Gran Dip, SEA, M.Phil.I.,Ph.D, Nyai Hj. Lujeng Lutfiyah, M.Th.I, I Gusti Ketut Budhiartha, M.Pd.H (Sekretaris PHDI Jatim, Anggota FKUB Jatim) Pdt. Natael Hermawan, S.Th, M.BA (Ketua PGI Jatim) Prof. Dr. Philip K. Widjaja (Ketua Pengurus Pusat Persatuan Umat Buddha Indonesia) Ws. Liem Liliany Lontoh, SE.,M.Ag (Ketua Matakin DKI Jakarta), dan Direktur UEM Asia.

Kegiatan seminar dilaksanakan dengan protokol kesehatan, ditayangkan secara live melalui streaming youtube dan zoom meeting.

Kontributor: MK. Fatih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *