Ini Tarif Baru Masuk Lawang Sewu dan Museum Ambarawa Semarang

Hiburan716 views

SEMARANG,kabarone.com- PT Kereta Api Pariwisata memberlakukan tarif baru masuk Historic Building Lawang Sewu (Museum Lawang Sewu) Kota Semarang dan Indonesian Railway Museum Ambarawa (Museum Ambarawa) Kabupaten Semarang per 10 Januari 2022.

Humas PT Kereta Api Pariwisata M Ilud Siregar menyampaikan untuk tarif tiket masuk Museum Lawang Sewu dan Museum Ambarawa terbaru terbagi dalam 3 golongan yakni tarif tiket masuk dewasa Rp 20.000, tarif tiket masuk anak dan pelajar Rp 10.000 serta tarif tiket masuk wisatawan mancanegara Rp 30.000.

Adapun jam operasional Museum Lawang Sewu mulai buka pukul 08.00 WIB dan tutup pukul 17.00 WIB. Adapun akhir pekan atau hari libur, jam operasionalnya yakni pukul 08.00 WIB sampai dengan pukul 20.00 WIB. Sementara untuk Museum Ambarawa jam operasional buka mulai pukul 08.00 WIB sampai dengan pukul 16.00 WIB.

Sejumlah syarat untuk masuk Museum Lawang Sewu dan Museum Ambarawa yakni setiap pengunjung wajib vaksin minimal dosis 1, scan barcode PeduliLindungi di pintu masuk museum dan menerapkan protokol kesehatan yang dianjurkan Pemerintah.

Untuk anak usia 12 tahun boleh masuk dengan syarat pendamping atau orang tua sudah vaksin minimal dosis vaksin 1.

Ilud mengatakan, sejak dibuka pada Agustus 2021, wisata Gedung Bersejarah Lawang Sewu dan Museum Ambarawa telah menerapkan protokol kesehatan ketat.

“Kami menyediaan fasilitas untuk higienitas para pengunjung seperti tempat cuci tangan, hand sanitizer, pengecekan suhu dengan thermogun, himbauan agar pengunjung selalu menjaga jarak, serta penerapan pola hidup bersih dan sehat sesuai protokol kesehatan yang dianjurkan oleh Pemerintah,” kata dia.

Selain itu menurutnya, seluruh petugas telah divaksin dan telah dipasang sejumlah spanduk dan flyer untuk sosialisasi persyaratan kunjungan.

“Kami mengevaluasi alur pelayanan, dan menyiapkan tenaga security tambahan di gerbang pintu masuk yang bertugas mengecek sertifikat vaksin para calon pengunjung sehingga meminimalisir terjadinya antrean,” ujarnya.

Ilud menambahkan, hingga saat ini jumlah pengunjung di Museum Lawang Sewu dan Museum Ambarawa terus meningkat. Jumlah pengunjung di Museum Lawang Sewu mencapai 296.148 orang, sementara pengunjung Museum Ambarawa mencapai 84.344 orang.

“Untuk pengunjung yang menggunakan Kereta Wisata reguler sebanyak 17.012 penumpang dan Kereta Wisata Ambarawa (Lokomotive Uap/Diesel) pola carter sebanyak 1676 penumpang,” pungkas dia. (Amr)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *