41 Lokasi Parkir Elektronik di Semarang Akan Diujicobakan

Ekonomi543 views

SEMARANG,kabarone.com- Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Semarang berencana memperluas lokasi atau titik untuk ujicoba penerapan parkir elektronik.

Penambahan 41 titik ujicoba yang baru, akan dilakukan pada awal Maret 2022 mendatang. Penerapan e-parkir ini, berada di ruas Jalan MT Haryono, tepatnya mulai dari Perempatan Bangkong hingga Bundaran Bubakan, Semarang.

Kepala Dishub Kota Semarang, Endro P Martanto melalui Kabid Parkir Dishub Kota Semarang, Joko Santosa mengatakan, setelah ujicoba parkir elektronik diterapkan pada 2 Februari 2022 lalu di empat ruas jalan di Kota Semarang.

“Rencananya Dishub akan menambah sebanyak 41 titik, yang sebelumnya hanya 10 titik di ruas jalan MT Haryono. Sehingga total terdapat 51 titik di ruas Jalan MT Haryono,” ungkapnya baru baru ini.

Dengan adanya penambahan sebanyak 41 titik di ruas Jalan MT Haryono, jadi total akan ada 51 titik parkir elektronik.

“Setelah ruas MT Haryono, secara bertahap dilakukan penambahan titik di ruas Jalan Agus Salim, ruas jalan Pekojan, dan ruas jalan Wahid Hasyim. Yang sebelumnya di empat ruas tepi jalan umum itu juga sudah berjalan lebih dulu, yakni ada 36 titik ujicoba penerapan parkir elektronik. Sebelumnya hanya ada 10 titik di ruas jalan MT Haryono” katanya

Sehingga total keseluruhan dengan adanya penambahan 41 titik di jalan MT Haryono, nantinya akan ada sebanyak 77 titik di Kota Semarang. Jika ujicoba tersebut berjalan baik, maka akan diteruskan lagi ke ruas jalan lainnya akan diterapkan juga di Jalan Depok, Jalan Thamrin dan Jalan Gajahmada.

“Harapan kita seluruh kota Semarang bisa menggunakan e- parkir. Apalagi hasil evaluasi dan sambutan masyarakat selama ini yang cukup baik dengan adanya parkir elektronik ini,” ucapnya

Adapun kendala yang masih sering ditemui di lapangan, lanjut Joko, belum semuanya masyarakat memiliki dan menggunakan e-wallet.

“Untuk pembayaran digital, antisipasi kita petugas pendamping membawa wallet jika akan transaksi untuk sementara ini, kedepannya kami harapkan masyarakat bisa mempunyai e-wallet atau internet banking untuk memudahkan transaksi saat parkir di tepi jalan umum,” tuturnya

Pihaknya juga terus memberikan sosialisasi kepada masyarakat agar terbiasa dengan menggunakan cashless.

Seperti diketahui, penerapan e-parkir dimulai pada 2 Februari 2022 lalu di empat ruas jalan, yaitu jalan MT Haryono mulai dari Simpang pringgading-Jalan Sidorejo, ruas Jalan Agus Salim mulai dari Simpang Pekojan-Bubakan, Jalan Wahid Hasyim mulai dari Simpang Kauman-Simpang Beteng, dan Jalan Pekojan mulai dari Simpang Pekojan-Jalan Inspeksi. (Hms/Amr)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *