Walikota Semarang Hendrar PrihadiPastikan Layanan Publik Kota Semarang Tetap Aktif Selama Libur Lebaran

Regional360 views

SEMARANG,kabarone.com- Walikota Semarang Hendrar Prihadi memastikan setiap layanan publik tidak kosong dan tetap aktif selama libur Lebaran. Walikota meminta sejumlah layanan krusial seperti kesehatan, kebersihan, perhubungan, keamanan dan layanan publik lainnya tetap aktif, dengan memberlakukan sistem piket pada libur serta cuti bersama Idul Fitri pada 29 April hingga 8 Mei 2022 mendatang.

“Pada tanggal 1 hingga 3 Mei akan disiagakan 10 puskesmas rawat inap untuk layanan kesehatan bagi warga dan pemudik. Di luar tanggal tersebut, 27 Puskesmas akan kembali memberikan layanan kesehatan seperti biasa,” terang Hendi, sapaan akrab Hendrar Prihadi, saat memimpin Rapat Koordinasi (Rakor) Kesiapan Lebaran 2022.

Sepuluh Puskesmas Rawat Inap yang akan tetap aktif adalah Puskesmas Mangkang, Ngaliyan, Karangmalang, Gunungpati, Srondol, Ngesrep, Karangdoro, Halmahera, Bangetayu dan Tlogosari Kulon. Tak hanya itu, Hendi pun meminta layanan kebersihan dari Dinas Lingkungan Hidup tetap aktif dengan sistem piket.

Hal ini dipastikan Hendi, agar kebersihan dan layanan penjemputan sampah tetap terlayani selama 10 hari kalender libur dan cuti bersama mendatang. Lebih lanjut, Hendi menambahkan bahwa kesempatan libur Lebaran ini perlu dimanfaatkan sebagai sarana mengangkat potensi UMKM dan pedagang Kota Semarang. “Momentum ini untuk mengangkat kelas UMKM dan pedagang kita. Mungkin bisa disiapkan pameran produk di rest área atau tempat lain yang representatif seperti di Pasar Johar dan lainnya,” ungkap Hendi, melalui keterangan resmi yang diterima kabarone.com Kamis (29/4/2022).

Terkait kebersihan, Hendi pun meminta seluruh pekerjaan konstruksi dapat berhenti maksimal mulai hari ini, Kamis (28/4/2022).
Ditekankan Hendi, tumpukan matrial terlebih di pinggir jalan harus clear, sehingga tidak mengganggu arus lalu lintas serta kebersihan lingkungan.

Sementara Kompol Nurcholis, Perwakilan Polrestabes Semarang menyampaikan bahwa pos pam (pengamanan) terpadu telah disiapkan untuk memberikan layanan pengamanan dan vaksinasi bagi pemudik. Lokasinya berada di Stasiun Semarang Tawang, Stasiun Poncol, Pelabuhan Tanjung Emas, Bandara Internasional Jenderal Ahmad Yani, Terminal Mangkang, Simpanglima dan Tol Kalikangkung.

Sedangkan untuk Pos pengamanan berada di exit tol Banyumanik, Gayamsari, Krapyak, Genuksari, Penggaron, dan rest area 424. “Beberapa pos pam terpadu disiapkan kerjasama TNI, Polri dan OPD Kota Semarang, sedangkan untuk pos pengamanan oleh TNI Polri. Seluruh pos pengamanan telah aktif sejak 23 April lalu, sedangkan khusus bagi pos pam terpadu akan mulai aktif Kamis (28/4),” terang Nurcholis.

(amr)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *