GERAK CEPAT BABINSA LAREN DAN BHABINKAMTIBMAS GUNA MENCEGAH PENYEBARAN PENYAKIT MULUT DAN KUKU DI WILAYAH KECAMATAN LAREN.

Hankam346 views

Lamongan,Kabar One.com _ Untuk antisipasi penyebaran penyakit mulut dan kuku pada hewan ternak seperti kambing, sapi, Babinsa Koramil 0812/19 Laren, Desa Karangwungulor Koptu Safaadin selalu aktif sambangi peternak di wilayah binaan.(01/06/2022)

Dalam sambang tersebut Babinsa menyampaikan imbauan agar peternak sapi selalu menjaga kebersihan kandang dan pakan ternak, sehingga bebas dari penyakit, terutama penyakit mulut dan kuku yang sekarang ini lagi mewabah.

“Kita ingatkan warga agar selalu menjaga kebersihan kandang. Selain itu tak kalah penting kita ingatkan agar pola makan hewan juga diperhatikan sehingga kesehatan hewan terjaga,” kata Babinsa.

Lebih lanjut Babinsa mengingatkan warga terutama yang merawat hewan ternak sapi agar saat membuat perapian pengusir nyamuk agar selalu dikontrol dalam waktu tertentu.

Secara umum, PMK menimbulkan beberapa gejala klinis yang sama. Berikut di antaranya Kepincangan, air liur berlebih atau berbusa, pembengkakan kelenjar submandibular, lepuh di sekitar mulut, lidah, gusi, nostril, kulit sekitar teracak, dan puting, hewan terlihat lemah, sering berbaring, demam hingga 41 derajat Celcius.

Untuk itu Peltu Akram sebagai Pj Danramil 0812/19 Laren menyampaikan pada para warga pemilik hewan ternak apabila di dapati gejala tersebut segera menghubungi Dokter hewan ataupun Babinsa dan Bhabinkamtibmas guna dilakukan pengecekkan dalam kesempatan pertama. (Pendim 0812).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *