Jambore Nasional Petani Milenial Wilayah Barat Sukses

Ragam436 views

OKU Timur Sumsel,Kabar One-.com- – Jambore Nasional Petani Milenial Wilayah Barat mengangkat tema “KAMI BERBAKTI-Kaum Milenial Bergerak Bersama Atasi Krisis Pangan Indonesia” sukses digelar di Desa Tebing Sari Mulya, Kecamatan Belitang Madang Raya, OKU Timur, Sumatera Selatan, pada Jumat-Ahad (26-28/08/2022).

Bupati OKU Timur, H. Lanosin Hamzah, S.T dalam sambutannya mengatakan Jambore Petani Milenial Nasional sebagai upaya untuk memberikan motivasi kepada para petani milenial dalam membentuk karakter petani milenial serta meningkatkan dan mengoptimalkan peran dan kinerja penyuluh pertanian sebagai agen perubahan.

Selama ini petani milenial OKU Timur sudah menghasilkan produknya, sebagai marwah pertanian OKU Timur harus siap termasuk dukungan infrastruktur ke lokasi. Sekaligus mendukung mandiri pangan yang harus ditularkan ke masyarakat.

“Saya harapkan melalui jambore ini generasi muda di daerah ini perlu dibangun kecintaannya terhadap bidang pertanian agar dapat memberikan kontribusi terhadap pertanian sehingga tetap terjaga kestabilan dan sarana produksi dapat di tingkatkan. Kita memiliki potensi besar di bidang pertanian kalau tidak generasi muda sekarang siapa lagi yang akan melanjutkan mengelola potensi tersebut pada masa yang akan datang,” terangnya pada Jumat (26/08/2022).

Gubernur Sumatera Selatan, H. Herman Deru, S.H., M.M mengatakan dalam sambutannya peran Petani Milenial adalah mewujudkan ketahanan pangan di daerahnya masing-masing. Sumsel telah melibatkan Petani Milenial dalam upaya mempercepat ketahanan pangan melalui Program Gerakan Sumsel Mandiri Pangan (GSMP). Para Petani Milenial di Sumsel diharapkan menjadi pelopor dalam memasifkan GSMP di daerahnya.

“Tak hanya digagas untuk merubah mindset masyarakat yang tadinya konsumen menjadi produsen, GSMP secara khusus digagas sebagai langkah dalam mengendalikan inflasi dan sebagai upaya dalam mengatasi penurunan angka kemiskinan,” jelas Herman Deru, pada Jumat (26/08/2022).

“Program dan Kegiatan GSMP ini sudah mulai terasa dalam menurunkan angka kemiskinan terlihat dari berita resmi statistika pada tanggal 15 Juli 2022. Pada acara ini Ka Bank Indonesia memberikan bantuan bibit cabe sebanyak 77.777 btg dan BSB melalui KUR Alsintan serta bantuan Timbangan Sapi Digital sehingga dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan kesejahteraan petani dan meningkatkan produksi hasil pertanian dalam mendukung ketahanan pangan,” ungkap Gubernur.

Sementara itu, Wakil Menteri Pertanian RI, Harvick Hasnul Qolbi mengatakan dalam sambutannya kegiatan Jambore Petani Milenial memberikan apresiasi yang tinggi kepada Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan dan Kabupaten OKU Timur atas dedikasinya memajukan pertanian dan meningkatkan produksi pertanian melibatkan peran penting petani milenial untuk mengembangkan pembangunan Pertanian.

”Sesuai arahan Presiden, bahwa tahun ini visi pembangunan nasional maka kementan telah melakukan pengembangan dihubungkan dengan dunia usaha dan industri, sehingga akan terwujud SDM pertanian yang siap menciptakan lapangan pekerjaan. Jambore Petani Milenial ini guna meningkatkan kinerja dan menumbuhkan kembangkan wirausaha muda pertanian yang berkualitas unggul dalam melakukan upaya peningkatan produktivitas pertanian,” jelas Wamen Pertanian RI pada Jumat (26/08/2022).

”Kegiatan ini diharapkan sekaligus memperkuat jejaring kemitraan serta meningkatkan penggunaan teknologi alsintan sekaligus meningkatkan wawasan,” tutupnya.

Jambore petani milenial diikuti oleh 500 peserta yang berasal dari 17 kab/kota di Prov. Sumsel, 2 Peserta perwakilan Prov. Jabar dan 1 Peserta perwakilan Prov. Lampung. Pada kesempatan ini juga dilaksanakan Gerakan Nasional Pengendalian Inflasi Pangan (GNPIP) Sumatera Selatan, Petani Milenial Merdeka 77, Wilayah Barat Tahun 2022. Kegiatan ini juga dimeriahkan bazar pertanian, maupun pameran hasil dari pertanian.

Turut hadir dalam acara ini Bupati OKU Timur, Forkopimda Kab. OKUT, Ka. Perwakilan Bank Indonesia Prov. Sumsel, Kadis/Mewakili Lingkup Pertanian Prov. Sumsel dan dari 17 kab/kota di Prov. Sumsel, Pakar Petani Milenial OKUT, Direktur Operasional Bank Sumsel Babel, dan Ketua Perhiptani OKUT, Koordinator BPP BMR, beserta perwakilan BPP di lingkungan OKU Timur, Penyuluh, dan PPEP OKU Timur. (Penulis: Preli Yulianto)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *