Bimtek Pembinaan Perpustakaan Digelar Oleh Dispersip

Hukum93 views

KOTABARU,kabarOne.com- Gelar bimtek pembinaan perpustakaan yang dilaksanakan oleh Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispersip) Kabupaten Kotabaru bekerjasama dengan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Kalsel yang berlangsung di Aula Dispersip Kotabaru, Selasa 4/7/2023.

Kabid Perpustakaan Kotabaru Zulkifli mengatakan, Perpustakaan Kabupaten Kotabaru terkait kegiatan pembinaan perpustakaan mengucapkan terimaksih kepada Dinas Perpustakaan Provinsi Kalsel.

Pada prinsipnya membantu pada pola pembinaan perpustakaan yang tersebar di seluruh Kecamatan, Desa, sekolah yang ada di Kabupaten Kotabaru dan tidak menutup kemungkinan hal-hal ini mendapat perhatian dari Pemerintah Provinsi itu juga bisa mendongkarak dari kendala-kendala kita yang belum kita benahi, paparnya.

Kedepan tidak terlalu sulit untuk menjalankan program walaupun dengan kerterbatasan yang ada tetap kami mendorong untuk kemandirian untuk perpustakaan itu sendiri, baik melalui Desa, Sekolah, tegasnya.

Sementara Kabid Pembinaan dan Pelayanan Perpustakaan Prov Kalsel Wildan Akhyar mengatakan, Perpustakaan Provinsi agar membuat pengelola Perpustakaan yang ada di Kabupaten Kotabaru untuk lebih profesional lagi, lebih maksimal serta lebih update tentang keilmuan perpustakaan yang ada.

Tentunya dengan pengelolaan perpustakaan yang maksimal diharapkan perpustakaan yang dikelola tersebut akan semakin banyak diminati oleh masyarakat untuk didatangi terdiri dari institusi dan personal, imbuhnya.

1 institusi yang di sebut Perpustakaan kelembagaan, perpustakaan tersebut itu arahnya akan menuju ke akreditasi, kelengkapan, insprastruktur, kelengkapan macam seperti buku.

Perlu dilengkapi dan bagaimana dengan pengelola perpustakaan, bila dia profesional sudah ilmunya maksimal tentu dia siap untuk di sertifikasi dengan 2 komponen itu diharapkan perpustakaan yang di kelola menjadi lebih menarik untuk di datangi.

Perpustakaan itu ujung-ujungnya adalah bagaimana membuat masyarakat bisa semakin bnyak berhadir di perpustakaan, dan alhamdulillah di Kabupaten Kotabaru khususnya tentang indeks pembangunan literasi masyarakat tahun lalu se Kalsel adalah Kabupaten yang tertinggi se Kalsel dan kami berharap tahun ini tetap di pertahankan dan kami mendorong Kabupaten/kota yang lain untuk bisa sama dengan Kabupaten Kotabaru, ungkap Wildan.(HRB)

By; Herpani

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *