Meningkat, Animo Mahasiswa UAD untuk Berkompetisi dan Belajar ke Luar Negeri

Ragam180 views

YOGYAKARTA, kabarOne.com – Ketika melepas 27 mahasiswa untuk studi ke luar negeri dalam berbagai program yang dilaksanakan pada 24 Agustus 2023 di Kampus 1 UAD Jl Kapas, Yogyakarta, Wakil Rektor Bidang Akademik Rusydi Umar, S.T., M.T., Ph.D., mendukung penuh universitas untuk prestasi mahasiswa dalam memperoleh beasiswa IISMA dan AIMS.

Di depan Dekan dan Kaprodi terkait, Rusydi Umar juga mengapresiasi yang tinggi bagi mahasiswa yang bersedia mengikuti Program U to U di perguruan tinggi mitra dengan biaya sendiri.

Menurut Rusydi, 5 fakultas dari 11 fakultas yang ada sangat berbahagia karena UAD sudah bisa dikatakan berkelas internasional dan layak kuliah di luar negeri.

“Jadi, program ini bagian dari program Merdeka Belajar Kampus Merdeka dan IISMA adalah program unggulan Kemendikbudristek,” kata Rusydi Umar, yang menerangkan posisi UAD saat ini sangat diperhitungkan.

Sebanyak 5 mahasiswa UAD mendapatkan beasiswa Indonesian International Student Mobility Awards (IISMA) dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi bekerjasama dengan Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP), 15 mahasiswa mendapatkan beasiswa program The Asian International Mobility for Students (AIMS) Kemendikbudristek dan 7 mahasiswa program kerjasama U to U.

IISMA merupakan salah satu flagship dari Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) Kemendikbudristek dan skema beasiswa Pemerintah Indonesia untuk mendanai mahasiswa Indonesia dalam program mobilitas di universitas ternama di luar negeri.

Mahasiswa berkuliah selama satu semester di perguruan tinggi di luar negeri untuk mempelajari ilmu di luar prodinya, budaya negara tujuan dan melakukan tugas praktik untuk mengasah keterampilan.

Fatya Sastaviyana Anasya (Psikologi) berhasil meraih beasiswa penuh untuk kuliah selama satu semester di Glasgow University, Inggris. Selain itu ada 4 mahasiswa mendapatkan beasiswa IISMA Co-funding: Agam Ringga Wiriyatama (Pendidikan Bahasa Inggris) dan Irfan Mahindra Yunanto Putra (Sastra Inggris) akan belajar di Warsaw University, Polandia, Abelya Firdana Putri (Sastra Inggris) akan belajar di Universiti Sains Malaysia dan Aulia Salsabila (Sastra Inggris) akan belajar di Universiti Malaya.

IISMA Co-funding 2023 merupakan bagian dari IISMA dengan menggunakan skema pendanaan parsial antara pemerintah dan mahasiswa dengan tujuan memberikan kesempatan yang lebih besar bagi mahasiswa yang belum terjaring dari program IISMA Reguler.

Sebagai bentuk dukungan atas prestasi mahasiswa meraih beasiswa ini, UAD juga memberikan dukungan berupa bebas SPP 1 semester saat pelaksanaan kegiatan IISMA, bantuan biaya hidup dan akomodasi Rp 1.5 juta per bulan selama pelaksanaan program, biaya pengurusan visa dan perjalanan pengurusan visa, biaya asuransi kesehatan, biaya medical check up untuk keperluan visa, dan penggantian biaya tes bahasa Inggris Duolingo.

Sejak program ini dimulai, mahasiswa UAD terus meraih beasiswa. Pada tahun 2021 ada 4 mahasiswa UAD berhasil meraih beasiswa IISMA dan pada tahun 2022 ada 2 mahasiswa UAD yang berhasil meraih beasiswa yang sama.

AIMS merupakan beasiswa pertukaran mahasiswa yang diberikan kepada mahasiswanya masing-masing untuk belajar di perguruan tinggi konsorsium AIMS. Negara yang masuk dalam AIMS adalah Malaysia, Indonesia, Thailand, Filipina, Brunei Darussalam, Vietnam, Singapura, Kamboja, Jepang dan Republik Korea.

UAD telah menerima beasiswa AIMS sejak tahun 2010 dengan skema Bahasa dan Sastra serta Engineering. Prodi-prodi yang terlibat adalah Sastra Inggris, Bahasa dan Sastra Arab, Sastra Indonesia, Teknik Industri, Teknik Informatika dan Teknik Kimia.

Perguruan tinggi mitra yang menjadi tujuan studi mahasiswa UAD adalah Universiti Malaya (Bahasa dan Sastra Arab), Universiti Teknologi MARA Malaysia (Sastra Inggris), Universiti Malaysia Pahang (Teknik Kimia, Teknik Informatika dan Teknik Industri), Thamassat University (Sastra Inggris), University of Brunei Darussalam (Sastra Inggris) dan Busan University of Foreign Studies Republik Korea (Sastra Indonesia). Program ini bersifat dua arah sehingga UAD juga menerima mahasiswa dari mitra-mitra tersebut.

Pada tahun 2023, program AIMS dilaksanakan secara luring. Dan ke-6 Prodi tersebut saling bertukar mahasiswanya dengan mitra di UiTM Malaysia (Sastra Inggris), UM Malaysia (Bahasa dan Sastra Arab), UMP Malaysia (Teknik Kimia, Teknik Industri dan Teknik Informatika) serta BUFS Republik Korea (Sastra Indonesia). Mahasiswa AIMS dari BUFS sudah belajar ke Sastra Indonesia, mahasiswa UiTM ke Sastra Inggris, UMP ke tiga Prodi di FTI dan UM ke Bahasa dan Sastra Arab.

Adapun 15 mahasiswa penerima beasiswa AIMS tersebut adalah Azmi Nur Dyah (Teknik Industri), Terry Casyaria (Teknik Industri), Aditya Oryza Mahendra (Informatika), Haidir Abdillah (Informatika), Citra Yuliana (Teknik Kimia), Tamara Dwi Jayanti (Teknik Kimia) dan Suci Rahmadani (Teknik Industri).

Selain itu 2 mahasiswa Sastra Indonesia atas nama Novita Aulia Rahmah dan Afriza Rieanza Nagiyya Mufti, 3 mahasiswa Muhammad Shollahudin, Azmi Sani dan Alsyifsnita RA Oktaviana dari Bahasa dan Sastra Arab, 3 mahasiswa Sastra Inggris atas nama Abdee Firman Al Rayid, Hanung Falakh Salsabila dan Nailana Amirah Fahlevi.

UAD juga melepas beberapa program kerja sama U to U, di antaranya program Joint Degree dengan Guangxi University for Nationalities, 1 mahasiswa dari Prodi Manajemen atas nama Lu’lu Shofiyatul Jannah. Program kedua berdurasi 1 semester, 3 mahasiswa Prodi Manajemen: Revvoh Yunadi AP dan Ahmad Aziz Prasetyo akan mengikuti program exchange di Universiti Utara Malaysia (UUM) serta Dian Zharifah akan mengikuti program exchange di Universiti Teknologi Mara (UITM).

Program Studi Bisnis Jasa Makanan akan mengirim Atika Silma Daima, Dwi Lestari Lukviana dan Nisywa Dwiza Reihan untuk belajar selama satu semester di Universiti Teknologi Mara (UITM).

Pembekalan untuk semua mahasiswa ke luar negeri telah dilaksanakan pada tanggal 23 Agustus 2023 lalu di Ruang Sidang Utama Kampus 1 Jl Kapas, Yogyakarta.

Pembekalan terdiri dari Al Islam dan Kemuhammadiyahan yang disampaikan oleh Rahmadi Wibowo Suwarno. Lc., M.A., M.Hum (Kepala LPSI UAD), soff skill hidup di luar negeri oleh Dr. Choirul Fajri S.I.Kom. M.A. (Kepala BIMAWA UAD), wawasan internasional oleh Ida Puspita, M.A. Res. (Kepala Bidang Kerja sama Luar Negeri), dan pembekalan psikologi yang disampaikan oleh Triantoro Safaria S.Psi., M.Si., Ph.D.

Upacara Pelepasan dilaksanakan pada tanggal 24 Agustus 2023 dan secara resmi dibuka oleh Rusydi Umar, S.T., M.T., Ph.D. (Wakil Rektor Bidang Akademik UAD), dan dihadiri oleh Ida Puspita, M.A.Res. (Kepala Bidang Kerjasama Luar Negeri), para Dekan dan Kepala Program Studi terkait, dan seluruh mahasiswa peraih beasiswa IISMA, AIMS dan program U to U.

Ida Puspita, M.A.Res. menyampaikan, tahun 2023 ini UAD bisa mengirimkan cukup banyak mahasiswa dalam beberapa skema beasiswa dan kerja sama U to U setelah pandemi Covid-19 mereda.

“Dan semakin banyak beasiswa pemerintah yang ditawarkan secara luring,” kata Ida Puspita.

Kata Ida, animo mahasiswa untuk berkompetisi dan belajar ke luar negeri mulai menunjukkan peningkatan. (Fan)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *