Driver Ambulance Desa Dan Petugas Keselamatan Diberi Pengetahuan Teori Dan Praktek

Driver Ambulance Desa Dan Petugas Keselamatan Diberi Pengetahuan Teori Dan Praktek

79 views
0
SHARE

KOTABARU,kabarone.com- Untuk meningkatkan penanganan pertama keadaan Darurat (Emergency) bagi Desa mitra, PT Indocement Tunggal Prakarsa Tbk Plant 12 Tarjun menggelar kegiatan training first aid & safety driving for driver ambulance untuk Desa Mitra yang berlangsung selama dua hari, Rabu+ Kamis 14- 15 Oktober 2020 di Aula Balai Kantor Desa Langadai dan shelter training center Indocement plan Tarjun.

Kegiatan diikuti warga Desa Mitra sebanyak 30 warga masyarakat terdiri dari Desa Langadai, Desa Tarjun, Desa Tegal Rejo untuk mengikuti kegiatan pelatihan yang merupakan bagian rangkaian kegiatan Safety Week 2020 PT Indocement bersama Heidelberg Cement Group yang di laksanakan setiap bulan Oktober dan salah satu kegiatan dalam Safety week adalah program untuk warga Desa Mitra sekitar wilayah perusahaan di Kabupaten Kotabaru.

Manajemen Indocement Plant Tarjun, H Teguh Iman Basoeki, Kamis 14/10/2020 menyambut baik dan mengapresiasi kegiatan tersebut, karena pelatihan yang digelar merupakan bagian dari penerapan sistem manajemen K3 dan juga termasuk dalam turut meningkatkan kompetensi SDM bagi warga Desa Mitra khususnya di Bidang K3 dalam penanganan keadaan darurat di Desanya, ungkapnya.

Ditambahkan Teguh, kegiatan di bidang K3 ini akan bermanfaat bagi warga Desa, karena warga Desa yang ikut akan diberi pengetahuan tentang teori dan praktek di lapangan, ujarnya.

Teguh berharap dengan adanya pelatihan ini para warga Desa mitra yang mengikuti pelatihan, kedepannya selalu mengutamakan prosedur keselamatan dengan lebih baik.

Teguh menambahkan, kegiatan tersebut merupakan salah satu dari program CSR pemberdayaan masyarakat bidang pendidikan yang dilakukan oleh Indocement yang bersinergi dengan 17 Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDG’s).

SDG’s itu yakni tujuan ke-4, yakni pilar pendidikan berkualitas adalah menjamin pemerataan pendidikan yang berkualitas dan meningkatkan belajar untuk semua orang, dan pilar kesehatan yang terintegrasi dalam satu tujuan yakni tujuan nomor 3, yaitu menjamin kehidupan yang sehat dan mendorong kesejahteraan bagi semua orang di segala usia, Pelayanan kesehatan yang dilakukan dan diarahkan untuk peningkatan akses dan mutu pelayanan.

Ia mengatakan Indocement terus mengembangkan bentuk pelatihan dan pemberdayaan masyarakat yang tinggal di sekitar lokasi pabrik sebagai bentuk tanggung jawab sosial perusahaan di berbagai bidang untuk meningkatkan kompetensi dan kualitas masyarakat dalam bentuk pelatihan-pelatihan.

Yang tak kalah pentingnya adalah pelaksanaannya tetap menjalankan dan memperhatikan protokol kesehatan yang berlaku di perusahaan, seperti menjaga jarak fisik, menggunakan masker dan alat pelindung diri (APD) serta peserta selama pelatihan wajib mencuci tangan dengan sabun air mengalir saat beraktivitas dan menerapkan Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS), kata Teguh.

Di sisi lain, Narasumber Sugianto bersama Supriyanto dari tim SHE Department mengatakan kegiatan yang digelar ini untuk sharing dan memberikan pengetahuan dan meningkatkan SDM kompetensi bagi warga Desa khususnya untuk Driver Ambulance dalam kesiap siagaan penanganan dan penanggulangan keadaan darurat (Emergency).

Kegiatan ini dilaksanakan untuk mempersiapkan warga masyarakat Desa agar tanggap dan siap menghadapi sekaligus mengantisipasi terjadinya keadaan darurat, termasuk check sederhana terhadap mobil ambulance, tutupnya.(Hrp)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY