KUBE, Wadah Pemberdayaan Keluarga Miskin

Ekonomi1,098 views

Kabarone.com, Bulungan – Kelompok Usaha Bersama (KUBE) adalah salah satu wadah pemberdayaan untuk membangun kemampuan keluarga miskin memecahkan masalah, memenuhi kebutuhan dan mengembangkan potensi guna meningkatkan kesejahteraan sosialnya.

Asisten Bidang Perekonomian, Pembangunan dan Kesejahteraan Pemkab Bulungan, Zulkifli, SE, M.Si menyampaikan hal itu saat membuka Bimtek Manajemen Wirausaha bagi KUBE di Kabupaten Bulungan, Kamis (03/12), di ruang pertemuan Dinas Perindagkop Bulungan. Bimtek yang dilaksanakan Dinas Sosial Bulungan ini merupakan wujud tanggungjawab Pemkab dalam rangka penyelenggaraan kesejahteraan sosial.

“Kegiatan bimtek ini sebagai bentuk pemberdayaan kepada masyarakat,” ucapnya. KUBE yang di dalamnya juga didukung berbagai peralatan usaha rumah tangga dari bantuan Dinas Sosial itu diharapkan dapat menghimpun kekuatan modal, kemampuan bersaing serta menciptakan kegiatan ekonomi produktif yang demokratis. Melalui bimtek diharapkan pula dapat melahirkan SDM yang profesional dan berkompeten dalam mengolah usaha kelompok sehingga dapat berjalan mandiri.

“Kegiatan ini menjadi bagian tak terpisahkan dalam pengentasan kemiskinan di Kabupaten Bulungan,” tandasnya. Seperti diketahui, dari sekitar 154 ribu penduduk Bulungan saat ini, jumlah penduduk miskin sekitar 14 ribu jiwa atau sebesar 11 persen. Meski terjadi penurunan sejak 2007 yang mencapai 22 persen atau 24 ribu jiwa, jumlah penduduk miskin di Bulungan masih terhitung tinggi. Disebutkan, melalui KUBE warga masyarakat maupun keluarga miskin dapat meningkatkan kemampuan berkomunikasi, menyelesaikan masalah personal dan kelompok secara timbal balik yang pada akhirnya meningkatkan harkat dan martabat kemanusiaan.

“Ikuti kegiatan ini dengan sebaik-baiknya,” pesannya. Ditambahkan, Pemkab berharap transformasi ilmu dan keterampilan yang disampaikan dalam manajemen wirausaha dapat diserap dan diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari sebagai usahawan. (mudi)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *