Kegiatan Sambang Desa, Bupati Fadeli Berikan Bantuan Desa Berprestasi

Daerah, Regional794 views

Kabarone.com, Lamongan – Bupati Lamongan Fadeli didampingi oleh pejabat di jajaran Pemkab Lamongan yang turut hadir dalam acara “Sambang Desa” di Kecamatan Sugio yakni, ”Forkopimda Kabupaten Lamongan, Drs. Hj. Kartika Hidayati, MM, MHP Wakil Bupati Lamongan. Letkol. Arh. Sukma Yudha Wibawa Dandim 0812 Lamongan. AKBP. Feby D.P Hutagalung S.IK.M.H Kapolres Lamongan. Dr. Yuhronur Efendi, MBA Sekda Kab Lamongan, Ketua DPRD Kaharudin, SH. dan Para Asisten Pemkab. Lamongan, Kepala OPD Sekab. Lamongan, Muspika Kecamatan se Kabupaten Lamongan, Camat Se kabupaten Lamongan, Kepala Desa dan Perangkat Desa se Kabupaten Lamongan dan tamu undangan serta Masyarakat.

Sebelum Bupati dan rombongan menuju ke tempat acara, bersama rombongan Bupati sedang berjalan santai meninjau stan-stan baik IKM, pengobatan gratis dan pembagian sembako murah.

Sambang Desa merupakan program pemerintah kabupaten Lamongan, Jawa Timur yang bertujuan untuk mendekatkan hubungan antara Pemerintah dengan masyarakat ditingkat desa/kecamatan. Kali ini pemerintah mengadakan sambang desa di Kecamatan Sugio, Kabupaten Lamongan, Jawa Timur.
Kamis,(01/03/2018).

Sementara Yulianto Efendi sebagai wakil masyarakat Sugio dalam sambutannya dikatakan, “selamat datang Bupati dan rombongan pada acara sambang desa, ini sebagai bukti betapa eratnya, dekatnya, dihati rakyat Bupati Lamongan dengan masyarakat. Pemberian bantuan perlengkapan sekolah untuk anak-anak didik termasuk juha bantuan yang lain seperti bantuan alat-alat pertanian diberikan ke kelompok tani, bantuan ke desa berupa infrastruktur,” ujarnya.

Yulianto berharap, masyarakat yang dekat dengan waduk gondang bisa menikmati airnya maka dia memohon agar ada bantuan baik normalisasi atau TPT saluran irigasi karena banyak saluran irigasi yang kurang bisa optimal dan perlu adanya perbaikan agar msyarakat bisa menikmati air dari waduk gondang,” harapnya.

Sebelumnya, Bupati Fadeli memberikan bantuan pada masyarakat dan desa-desa yang berprestasi yakni, pada pasar desa dengan prestasi katagori maju, katagori bekembang. Juga memberikan bantuan bibit dan hand traktor kepada kelompok tani, bantuan ke pokdakan,  bantuan mobil dari simapan Bank Daerah Lamongan (BDL), bantuan bagi gizi kurang, bantuan presatasi pelaku UKM yakni, kompor gas dan panci pengukus, bantuan IKM Tini berprestasi
Susu kedelai, kemangi crispi.

Juga lebih-lebih bantuan yang sangat segnifikan demi kemajuan Kabupaten Lamongan. Untuk Aplikasi Sistem Keuangan Desa (Siskeudes) saat ini telah diterapkan di seluruh Indonesia untuk membantu desa dalam melaksanakan tata kelola keuangan desa secara efektif dan efisien sebagai standar pelaporan APBDes. Yang menjadi latar belakang hadirnya Aplikasi Siskeudes, beberapa diantaranya adalah: Direktif Presiden, Permintaan DPR-RI saat RDP, Rekomendasi KPK-RI, Peran BPKP sebagai auditor internal Pemerintah.

Penghargaan ini diberikan kepada desa peraih Siskeudes terbaik yang mewakili kecamatannya masing-masing yakni, Desa Tawangrejo Kec.Turi, Desa Plosowahyu Kec. Lamongan, Desa Pangkatrejo Kec. Sugio, Desa Babatkumpul Kec. Pucuk, Desa Sendangagung Kec. Paciran, Desa Solokuro Kec. Solokuro, Desa Sumberkerep Kec. Mantup, Desa Sugihrejo Kec. Sukodadi, Desa Latukan Kec. Karanggeneng, Desa Sukosongo Kec. Kembangbahu, Desa Canditunggal Kec. Kalitengah, Desa Bakalanpule Kec. Tikung, Desa Banjarejo Kec. Karangbinangun, Desa Plosobuden Kec. Deket, Desa Kentong Kec. Glagah, Desa Kedungkumpul Kec. Sarirejo, Desa Sukorame Kec. Sukorame, Desa Bluluk Kec. Bluluk, Desa Sumberagung Kec. Modo, Desa Lamongrejo Kec. Ngimbang, Desa Datinawong Kec. Babat, Desa Kedungpring Kec. Kedungpring, Desa Tlogoretno Kec. Brondong, Desa Karangwungulor Kec. Laren, Desa Kebalankulon Kec. Sekaran, Desa Ngayung Kec. Maduran, Desa Wateswinangun Kec. Sambeng.

Pada kesempatan ini Bupati Lamongan dapat langsung bertatap muka dengan masyarakat wilayah kecamatan Sugio dan para pejabat/PNS se Kabupaten Lamongan yang hadir. Tak hanya itu Bupati bersama rombongan meninjau langsung Industri Kecil Menengah (IKM) yang disajikan oleh warga masyarakat.

Bupati Lamongan Fadeli dalam kunjungannya berharap, “dalam acara sambang desa kali ini agar bisa melihat dan meninjau langsung di desa guna mengetahui keluhan dan memberikan bantuan kepada masyarakat yang di salurkan melalui dinas dinas terkait,” harapnya (pull).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *