Optimis Naikkan Harga Ikan, Gubernur Jatim MoU Dengan PT. SIER dan Memperluas Pasar Ekspor

Daerah, Regional787 views

Kabarone.com,Lamongan – Akibat turunnya harga ikan bandeng di Lamongan mendapat perhatian khusus Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa. Dalam rana itu dia secara khusus melakukan kunjungan kerja ke Pasar Ikan Lamongan, Kamis (13/6).

Bupati Fadeli Bersama Wabup Kartika Hidayati dan sejumlah pejabat Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) setempat ikut berperan serta mendampingi Khofifah saat melakukan kunjungan di Pasar Ikan Lamongan. ” Petani tambak di Lamongan secara marathon hampir bersamaan sudah memanen ikan mereka, terutama ikan bandeng dan ikan Nula/mujaer, meski masih berukuran relatif kecil. Sehingga pasar menjadi kelebihan stok dan para pedagang menurunkan harga. Panen dini dan hampir bersamaan dilakukan petani tambak di Lamongan karena akan memasuki musim tanam padi.

Pola tanam petani tambak Lamongan memang selama ini 2 kali ikan dan sekali padi. Turunnya harga ikan ini terutama diakibatkan over suplay. Karena itu khofifah membawa dua solusi agar harga ikan di Lamongan bisa normal dalam dua sampai tiga hari.

Dia akan melakukan komunikasi dengan perusahaan-perusahaan yang raw materialnya berbasis ikan.

Khofifah mengungkapkan siang ini akan bertemu salah satu dari lima perusahaan di SIER (Surabaya Industrial Estate Rungkut) membahas perihal tersebut.

“Itu memang perusahaan yang bahan bakunya adalah ikan, terutama bandeng. Saya akan melakukan komunikasi, bagaimana mereka akan menyerap lebih banyak, Saya sudah mendapatkan peta kemampuan serap dari 5 perusahaan itu,” ujarnya.

Usai pertemuan tersebut, dia berharap perusahaan-perusahaan itu bisa menyerap lebih banyak. Sehingga dalam dua atau tiga hari ini normalisasi harga bandeng relatif akan bisa terdorong.

Selain itu, dia akan membuka jalan bagi opsi ekspor ikan bandeng.Opsi kedua yakni memperluas pasar ekspor yang pada Bulan Juli mendatang dibuka ekspor ke Panama,” tambahnya.

Lebih jauh, Khofifah kedepan akan memberi prioritas pembangunan pasar ikan modern di Lamongan. Dengan syarat, rencana itu harus singkron dan masuk dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Lamongan dan Jawa Timur.

Karena itu, dia mengungkapkan bupati (Lamongan) akan mengirimkan tim (ke Pemprov Jatim) untuk membahas lebih detail rencana tersebut. “Aspirasi dan rekomendasi dari pemilik wilayah harus didengarkan,” pungkas dia (Pul/Ian/Pur).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *