Jokowi Bersepeda di Kota Lama Usai Tinjau Pasar Johar

Nasional333 views
SEMARANG,kabarone.com – Presiden Joko Widodo (Jokowi) bersama sejumlah menteri kabinetnya berkunjung ke Semarang.Orang nomor satu Indonesia ini melihat perkembangan pembangunan pasar Johar, Senin (30/12/2019).

Deretan menteri yang turut mendampingi presiden adalah Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Menteri Keuangan Sri Mulyani, dan Menteri Luar Negeri Retno Marsudi.

Setibanya di lokasi, Jokowi langsung masuk ke pasar yang rampung direvitalisasi oleh Kementerian PUPR itu. Di dalam pasar, Jokowi menyusuri deretan kios dan los di lantai satu dan dua.

Presiden berpesan kepada para pedagang, setelah Pasar Johar kembali beroperasi, agar tetap menjaga kebersihan. “Pasar Johar sudah jadi, pedagang masuk ya dijaga. Jaga kebersihan, kerapian, jangan becek, jangan bau,” kata Jokowi.

Jokowi terlihat mengamati kios yang terbuat dari kayu. Kondisi lantai pasar juga tak lupun dari perhatiannya. Termasuk ketersediaan genset, alat pemadam api ringan hingga kamera cctv.

Pasca Pasar Johar terbakar , beberapa pilar berbentuk jamur yang masih kuat tetap dipertahankan karena termasuk bangunan cagar budaya.

Proyek pembangunan kembali Pasar Johar dikerjakan PT Nindya Karya. Pembiayaan disokong pemerintah pusat hingga Rp 146,09 miliar.

Setelah rampung menyelesaikan revitalisasi Pasar Johar setelah terbakar 2015 lalu, selanjutnya akan diteruskan pembangunan Pasar Yaik. Pasar Yaik masih berada di selatan kawasan Pasar Johar. “Yang selatan akan dikerjakan lagi oleh Kementerian PUPR,” tambahnya.

Jokowi juga meninjau pembangunan Alun-Alun Kota Semarang. Alun-alun tersebut berada di sebelah barat, memisahkan Pasar Johar dengan Masjid Agung Kota Semarang.

Dari situ , rombongan presiden melanjutkan mengunjungi kawasan Kota Lama Semarang dengan mengendarai sepeda ontel.

Hadir juga mendampingi sekaligus memberi penjelasan, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Wakil Gubernur Taj Yasin Maimoen, Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi dan Wakil Wali Kota Hevearita G Rahayu. (Amr)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *