Basawalu Gencar Lakukan Sosialisasi Pencegahan Pelanggaran Pemilu, Ketua PWI Kotabaru Berikan Apresiasi

Daerah284 views

KOTABARU,kabarOne.com- Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Kotabaru akan gandeng Organisasi yang menaungi kerja jurnalis, Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kotabaru untuk melakukan kerjasama terkait pengawasan penyelenggaran Pemilu tahun 2024 mendatang.

Kerjasama yang rencana dalam waktu dekat ini, akan ditindaklanjuti dengan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU), selain penandatanganan juga dilakukan dengan Polres, Kodim 1004, dan Pemerintah Daerah.

Ketua PWI Kotabaru Ahmad Nurahsin Q, mengatakan, dengan adanya rencana kerjasama pengawasan upaya pencegahan ini, saya memberikan apresiasi karena Bawaslu saat gencar melakukan sosialisasi pencegahan pelanggaran pemilu 2024.

Tujuan di lakukannya sosialisasi untuk melakukan pencegahan pelanggaran saat pelaksanaan pemilu 2024 nanti, jelas Nurahsin di Kantor PWI Kotabaru Selasa(22/11/2022.

Nurahsin mengapresiasi kinerja Bawaslu, salah satu buktinya yakni, melaksanakan sosialisasi pengawasan pemilu partisipatif berlangsung di Hotel Grand Surya Kotabaru, Senin 21/11/2022 lalu.

Metode yang disampaikan dalam kegiatan, berupa penyampaian bersama narasumber, diskusi dan tanya jawab.

Saya berharap sosialisasi ini terus digalakan hingga ke pemilih pemula dan memberikan pemahaman hingga ke sekolah SMA sederajat, harap Nurahsin.

Untuk diketahui, narasumber dalam kegiatan antara lain Prof Dr Muhammad Hadin Muhjad SH.M.Hum (Dosen FH Unlam Banjarmasin), Prof Ani Cahyadi M.Pd (Dosen FTK UIN Antasari Banjarmasin) dan Bawaslu Kotabaru.

Sementara itu, Koordinator Divisi Pencegahan Bawaslu Kotabaru Fat Hurrahman mengatakan, menegaskan diperlukan partisipasi masyarakat, upaya pencegahan meminimalisir pelanggaran.

Maka dari mencegah terjadinya pelanggaran pemilu, sengketa proses pemilu perlu melibatkan dan
adanya partisipasi
masyarakat serta publikasi dari media.

Dalam praktiknya, tugas mengawasi pemilu itu membutuhkan dukungan banyak pihak, salah satunya adalah dengan mengajak segenap kelompok masyarakat untuk terlibat dalam pengawasan, tegas Fat Hurrahman.

Dihadiri Asisten 1 Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Setda Kotabaru H Minggu Basuki, Forkopimda, Ketua Kemeneg H Kamal, Instansi terkait dan Perguruan Tinggi, dan Ketua PWI Kotabaru.(HRB)

By; Herpani

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *