GTP Pusat Lestarikan Lingkungan dan Agrowisata Setelah PEDA 15 KTNA OKU Timur

News164 views

OKU Timur Sumsel ,Kabar One.com-
Dalam mewujudkan lingkungan hidup yang hijau peduli terhadap lingkungan kontigen berbagai daerah melakukan penanaman serempak tanaman buah (frutikultur) di lokasi Gelar Teknologi Pertanian (GTP) PEDA 15 KTNA OKU Timur. GTP berlokasi di Desa Jaya Bakti, Kecamatan Madang Suku 1, Kabupaten OKU Timur, Sumatera Selatan pada Jumat (12/05/2023).

Sebagai wujud komitmen bersama menjaga lingkungan dan menghijaukan negeri melalui penamaan tanaman produktif, PEDA XV KTNA Tingkat Provinsi Sumatera Selatan di Kabupaten OKU Timur ini komitmen lestarikan lingkungan dengan menjadikan lahan GTP sebagi pusat penghijauan dan pertanian produktif. Selain sebagai tanda kenang-kenangan dari berbagai daerah, momen penanaman tanaman buah ini sebagai upaya melestarikan lingkungan.

Dinas Pertanian Kabupaten OKU Timur, Junadi, S.P., M.M mengatakan lokasi GTP merupakan tanah hibah yang berikan seseorang untuk PEDA 15 KTNA. Tanah GTP marginal dengan pH tanah sebelum diolah 3, dikarenakan pengolahannya digarap bulan Desember 2022, dan sekarang berbagai tanaman bisa tumbuh, hingga dilaksanakan Bulan Mei 2023 PEDA KTNA OKU Timur ini. Awalnya rumput saja tidak tumbuh, dengan perlakuan khusus, dengan mengupayakan penerapan teknologi pertanian dari tanah marginal bisa menjadi pertanian yang menghasilkan, dan produktif.

“Awalnya di GTP ini tanah marginal, rumput saja tidak tumbuh dengan perlakuan-perlakuan khusus sehingga tanaman ini bisa tumbuh tanaman hortikultura, dan lainnya, di GTP ini bukan tanah yang sulap tapi melalui proses mengupayakan teknologi pertanian, tanaman memang asli yang kita tanam hingga menghasilkan pertanian produktif. Dan Kami sempat cemas, namun kami punya kekuatan 450 Penyuluh yang dilibatkan disini, dan bahkan kami punya 2 kegiatan di sini dan opening pembukaan maupun kegiatan lainnya di Lapangan KONI BK 10 Belitang,” Junadi.

“Alhamdulillah, dengan kekompakan kawan-kawan semua kegiatan ini berjalan dengan baik dan lancar dengan kekeluargaan. Bahkan ada kegiatan-kegiatan yang tanpa dananya mereka berusaha mengharumkan Kabupaten OKU Timur. Alhamdulilah, pembukaan kemarin sukses, dan kawan-kawan di semua yang ada di homestay, Kami mengerahkan 114 LO, untuk mendampingi kawan-kawan semua, dan kalau pun ada apa-apa laporkan ke posko,” Junadi.

“Lokasi ini nantinya mau dibuat sebagai tempat wisata, tempat agrowisata buah-buahan khususnya pertanian oleh Bapak Bupati OKU Timur,” tutupnya.

Sementara itu, Hj. Maryati Ridho selaku Sekretaris Jendral KTNA Provinsi Sumatera Selatan mengatakan pengurus KTNA Provinsi Sumatera Selatan menyampaikan terima kasih sebesar-besarnya atas kerja keras KTNA OKU Timur. Awalnya di GTP rumput saja tidak tumbuh, semua teknologi di upayakan dari tanah marginal hingga dapat tumbuh tanaman seperti sekarang, jadi benar-benar ini namanya gelar teknologi pertanian.

“Mudah-mudahan GTP ini tidak mubazir, selesai PEDA 15 KTNA oKU Timur ini jangan sampai jadi hutan. Tolong siapa yang bisa mengelola dengan baik, silahkan bicarakan dengan Bupati OKU Timur supaya ini jadi daerah agrowisata. Saya kira bisa, Sabtu-Minggu rumah-rumah yang ada, untuk kunjungan untuk wisata kuliner dan segala macam, mudah-mudahan tanaman yang ditanam kawan-kawan tumbuh dengan baik,” ungkap Maryati.

Kegiatan tersebut berjalan dengan lancar dimulai dari penanaman tanaman buah-buahan secara serempak dari perwakilan 17 Kabupaten/Kota setiap daerah yang hadir, dan dilanjutkan pengarahan dari Bupati OKU Timur yang diwakilkan Kepala Dinas Pertanian Kabupaten OKU Timur, dan penyampaian dari KTNA Provinsi Sumsel. Setelah itu, setiap kontigen mengunjungi destinasi tanaman hortikultura, tanaman padi, spot pemancingan kolam ikan, dan lain sebagainya yang semuanya menyajikan kesederhanaan asri dan penerapan teknologi pertanian. (Penulis: Preli Yulianto)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *