by

Jaksa Agung Lantik Sejumlah Pejabat Eselon II, Tony T Spontana Jabat Kajati DIY

-Nasional-1,452 views

Kabarone.com, Jakarta – Sejumlah pejabat eselon II di lingkungan Korps Adhyaksa dilantik oleh Jaksa Agung H.M Prasetyo. Pelantikan dilakukan di Sasana Baharudin Lopa, Kejaksaan Agung (Kejagung), Jalan Sultan Hasanuddin, Jakarta Selatan, Selasa (8/9/2015).

Dalam pelantikan itu, sejumlah pejabat lingkungan kejaksaan juga hadir seperti Wakil Jaksa Agung Andhi Nirwanto dan Jaksa Agung Muda Tindak Pidana Khusus Widyo Pramono.

Dalam pelantikan tersebut, salah satu yang dilantik adalah Tony Tribagus Spontana yang sebelumnya menjabat Kepala Pusat Penerangan Hukum (Kapuspenkum) Kejaksaan Agung RI. Tony dilantik sebagai Kepala Kejaksaan Tinggi Daerah Istimewa Yogyakarta yang sebelumnya ditempati I Gede Sudiatmaja yang telah memasuki masa pensiun. Kemudian posisi Tony sebagai Kapuspenkum digantikan Amir Yanto yang sebelumnya menjabat sebagai Wakil Kejati Sumatera Utara.

Sementara itu, posisi Wakajati Sumut Amir Yanto yang menjadi Kapuspenkum akan digantikan Koordinator Jaksa Agung Muda Perdata dan Tata Negara Baginda Polin Lumbangaol.

Posisi lain yang dirotasi yaitu Kajati Jambi Bambang Sugeng Rekmono yang dipindah menjadi Inspektur IV Jaksa Agung Muda Pengawasan. Lalu Direktur II Jaksa Agung Muda Intelijen Erbindo Saragih diangkat menjadi Kajati Jambi.

Lalu Kajati Banten M Suhardy menggantikan posisi Erbindo sebagai Direktur II Jaksa Agung Muda Intelijen. Yang menggantikan Suhardy yaitu Wakil Kajati Kepulauan Riau Ely Syahputra.

Kemudian Kajati Maluku Utara Agus Sutoto menjadi Direktur Tindak Pidana terhadap Keamanan Negara dan Ketertiban Umum pada Jaksa Agung Muda Tindak Pidana Umum. Posisi Agus akan diganti Wakajati Sulawesi Selatan Heru Sriyanto.

Rotasi itu berdasarkan Keputusan Jaksa Agung nomor Kep-117/A/JA/08/2015 tanggal 12 Agustus 2015. Dalam sambutannya, Jaksa Agung H.M Prasetyo menyebutkan bahwa rotasi itu dimaksudkan sebagai upaya melakukan penyegaran dalam tubuh Korps Adhyaksa terutama pada aparat jaksa di daerah. Promosi dan mutasi adalah tuntutan organisasi yang harus dilaksanakan guna mengasah kemampuan.

“Di tengah-tengah tugas-tugas yang harus kita emban yang harus kita lakukan saat ini, kita tetap berusaha melakukan refreshing, penyegaran-penyegaran di daerah sebagai kepanjangan tangan dari Kejaksaan Agung. Keberanian dalam tugas harus dimiliki sebagai upaya melakukan revolusi mental. Saya minta saudara pelajari instruksi presiden tersebut. Pemberantasan korupsi harus diletakan untuk kepentingan rakyat dan kelancaran program pembangunan,” kata Prasetyo saat memberikan sambutan.

Jaksa Agung berharap agar pejabat di daerah dapat menyesuaikan diri dengan tugas baru serta memberdayakan semua sumber daya dan staf yang ada.

“Mengingat pelaksanaan Pilkada serentak yang akan dilaksanakan pada 9 Desember 2015 akan dilaksanakan di wilayah masing-masing, sebab ada yang berpotensi membawa dampak di bidang politik ekonomi sosial hukum keamanan. Untuk itu saya ingatkan agar para Kejati segera melakukan langkah antisipasi agar berperan aktif dalam menjaga keamanan daerah,”tandasnya.(Sena)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *