Jadi Tuan Rumah KIN, Desa Pejambon Paparan Secara Detail Dalam Hal Keterbukaan Informasi Publik

Daerah, Regional375 views

Kabarone.com Bojonegoro – Komisi Informasi Pusat bersama Dinas Kominfo Seluruh Provinsi Indonesia melakukan kunjungan ke Desa Pejambon Kecamatan Sumberejo Kabupaten Bojonegoro hari Kamis (20/06/2019).

Kunjungan ini merupakan rangkaian acara dalam hari Keterbukaan Informasi Nasional (KIN) yang mana Tahun 2019 ini Kabupaten Bojonegoro didaulat sebagai tuan rumah. Adapun alasan Kabupaten Bojonegoro menjadi tuan rumah karena Desa Pejambon memperoleh juara 1 Tingkat Nasional Lomba Desa dalam hal keterbukaan informasi.

Acara diskusi memaparkan secara detail bagaimana proses dan implementasi Desa Pejambon hingga terpilih menjadi Desa terbaik Tingkat Nasional dalam hal keterbukaan informasi publik.

Dalam forum tersebut dijelaskan bahwa Pemerintah Desa Pejambon melakukan beberapa program strategis. Diantaranya adalah menyampaikan keterbukaan informasi.

Keterbukaan informasi tersebut meliputi keuangan, administrasi dan pelayanan, mengunggah detail informasi tersebut di website, menguatkan inovasi sistem informasi, berkomitmen mengontrol seluruh kegiatan serta kelengkapan informasi serta terakhir dengan mengadakan diskusi antara Pemerintah Desa dan warga.

Ketua Komisi Informasi (KI) Pusat, Gede Narayana mengatakan bahwa Lomba Desa ini sejatinya bukan hanya sebagai ajang kompetisi tapi memiliki visi yang utama yaitu untuk peningkatan kesejahteraan rakyat.

“Adanya keterbukaan informasi ini merupakan wujud transpransi dan totalitas penyelenggaraan pemerintah desa yang transparan”, terang Gede Naryana selaku Ketua Komisi Informasi.(pur)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *